Jakarta (ANTARA) - Lembaga Charta Politika Indonesia merilis hasil survei terbaru di mana Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka unggul dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah pada 2024.

"Gibran Rakabuming Raka menjadi pilihan responden tertinggi sebagai kepala daerah Jawa Tengah dengan hasil survei 37,7 persen," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Gibran unggul dalam survei itu atas Taj Yasin Maimoen yang mendapatkan 12,5 persen. Lalu, Hendrar Prihardi sebanyak 7,7 persen, FX Hadi Rudyatmo sebanyak 4,7 persen, Achmad Husein sebanyak 3,7 persen, Sudirman Said sebanyak 3,1 persen, Rustriningsih 2,2 persen, dan Komjen Pol (Purn.) Condro Kirono sebanyak 0,5 persen.

Baca juga: Gibran dan Bima Arya kompak pilih pilkada langsung libatkan masyarakat
Baca juga: Kemarin, Gibran tanggapi ijazah palsu hingga kasus kematian napi anak


Sementara responden memilih tokoh lainnya sebanyak 2,3 persen dan tidak tahu/tidak menjawab sebanyak 25,8 persen.

"Pertanyaan tertutup terkait jika pemilihan Gubernur Jawa Tengah pada tahun 2024 dilaksanakan hari ini, Gibran cukup mendominasi pilihan publik sebagai calon gubernur pada simulasi yang dilakukan," kata Yunarto.

Charta Politika Survei Indonesia telah melakukan survei pada 20-27 September 2022. Survei ini memakai metode wawancara tatap muka yang diikuti 1.200 responden dengan menggunakan "multistage random sampling" dan "margin of error" 2,83 persen.

Sebelumnya, survei Charta Politika periode Juni 2022 menempatkan Gibran Rakabuming Raka dengan elektabilitas tertinggi sebesar 38,8 persen dibandingkan tujuh nama lain yang disurvei.

Pewarta: Fauzi
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022