Sorong (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengunjungi Kampung Wisata Ugar, Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat yang lolos 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022.

Menteri Sandiaga Uno didampingi Bupati Fakfak Untung Tamsil langsung meninjau keindahan alam, kearifan lokal, dan kehidupan masyarakat Kampung Wisata Ugar, Kamis.

Sandiaga Uno mengaku kagum akan keramahan warga, kekayaan alam, dan budaya di Desa Wisata Kampung Ugar, Kabupaten Fakfak. Meskipun hujan tidak menyurutkan semangat dan antusias masyarakat desa tersebut menyambut kedatangannya.

Dia mengatakan bahwa atraksi budaya setempat luar biasa berbeda dengan tempat lain di Indonesia. Dirinya kagum saat tiba diberikan cenderamata yang melambangkan inilah bumi Pertiwi.

"Saat tiba di Ugar saya dianggap bukan sebagai tamu tetapi sebagai keluarga yang datang di negeri sendiri," ujarnya.

Menurutnya, produk ekonomi kreatif daerah tersebut memiliki potensi besar yang akan didorong oleh Kemenparekraf dan mitra seperti Astra dalam program pelatihan dan pendampingan agar dapat berkembang maju.

Mudah-mudahan dengan dukungan pelatihan dan pendampingan tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat sebagai destinasi wisata berbasis konservasi dan berkelanjutan.

Ditambahkan pula bahwa melalui program anugerah desa wisata ini potensi wisata mampu meningkatkan sektor perekonomian Fakfak khususnya masyarakat Kampung Ugar melalui pengenalan wisata bahari dan produk UMKM.

Baca juga: Menparekraf sebut empat faktor sebelum tetapkan strategi promosi
Baca juga: Sandiaga beri saran pengembangan Desa Wisata Kambo di Sulawesi Selatan

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022