Jakarta (ANTARA) - Kodam Jaya bersama LSM Perempuan Jenggala menggelar kegiatan donor darah dan pasar murah sembako untuk masyarakat dalam rangka memperingati HUT ke-77 TNI.

"Kami menerjunkan 350 personel untuk melakukan donor darah. Ini perlu dilakukan untuk menambah stok darah yang ada di Palang Merah Indonesia," kata Panglima Kodam Jaya Mayor Jenderal TNI Untung Budiarto di Jakarta, Kamis malam.

Baca juga: TransJakarta dan Kodam Jaya jalin kerja sama pengembangan SDM

Untung juga mengingatkan kepada prajurit Kodam Jaya untuk tidak segan berbagi kebaikan dengan menyumbangkan darah untuk meningkatkan rasa kemanusiaan yang dapat dilakukan siapa pun.

Dia juga mengapresiasi Perempuan Jenggala yang menyediakan pasar murah untuk membangkitkan ekonomi masyarakat yang sempat mengalami penurunan akibat Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia selama dua tahun terakhir.

"Kami mengapresiasi Perempuan Jenggala yang selalu mengambil peran dalam aksi-aksi sosial kemanusiaan," kata Untung.

Setidaknya ada 20 macam barang yang disediakan untuk masyarakat dalam kegiatan tersebut di antaranya minyak, sejumlah makanan siap saji dan produk UMKM.

Selain itu, setiap orang yang melakukan donor darah akan diberikan bantuan berupa sembako minyak, mie instan dan vitamin.

Sementara itu, Ketua Umum Perempuan Jenggala Vicky W Kartiwa mengatakan, selama Pandemi COVID-19 melanda Indonesia, perempuan Jenggala bersama TNI selalu aktif melakukan sejumlah kegiatan untuk menekan gelombang COVID-19.

Baca juga: Kodam Jaya kolaborasi dengan Pemkot Jaktim atasi kasus "stunting"

Perempuan Jenggala bersama TNI melakukan vaksinasi dan membagikan sembako pada masyarakat. Bersama PMI pihaknya juga meminta prajurit TNI penyintas COVID-19 untuk mendonorkan darah sebagai cara menekan angka penyebaran COVID-19.

"Saya yakin sampai saat ini TNI masih bersama rakyat dan akan tetap bersama rakyat. TNI selain menjadi garda terdepan menjaga kedaulatan bangsa, TNI juga selalu ikut mengawal setiap persoalan bangsa," ucapnya.

Kemudian setelah ini COVID-19 telah melandai, ada tugas baru selanjutnya yang harus diselesaikan, yakni membangkitkan perekonomian bangsa. Hal itu perlu dilakukan karena menjadi kewajiban bersama.

"TNI bersama Perempuan Jenggala akan tetap konsisten bersama, dengan agenda besar kali membangkitkan ekonomi rakyat. Kita mencoba ikut adil memberikan sedikit solusi dari setumpuk masalah akibat pandemi dengan melakukan bazar murah," ungkapnya.

Vicky mengatakan bahwa semuanya barang yang ada di sini dapat terjangkau. Dia meyakini, jika semua Kodam melakukan gerakan seperti ini pasti akan berdampak besar.

"Barang barang yang ada di pasar murah ini berasal dari pasar rakyat yang kami beli kemudian kami kembalikan kepada rakyat. Ini adalah salah satu cara untuk membangkitkan ekonomi Indonesia," tuturnya.

Baca juga: Ratusan warga Jakbar dapat bantuan pangan dari Kodam Jaya

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022