Jakarta (ANTARA) - Apakah buah hati Anda girang begitu mendengar intro khas dengan dengung kepik diikuti nada ceria khas dan seruan "Cocomelon!"?

Jika jawabannya ya, barangkali Anda punya opsi baru untuk menyenangkan hati anak lewat pengalaman bersantap di kafe dan menginap di kamar bertema program hiburan anak Cocomelon di hotel Fairmont, Jakarta.

Cocomelon, saluran YouTube yang menampilkan lagu anak-anak dengan karakter animasi menarik, kini melekat dalam interior dan suguhan menu di kafe yang berlokasi di lantai tiga hotel Fairmont Jakarta. Nuansa ceria penuh warna terlihat kontras dari suasana hotel yang biasanya terlihat elegan.

Gerbang warna hijau muda dengan logo Cocomelon serta karakter animasi JJ menyambut pengunjung kafe. Melihat dekorasi dan wallpaper di dalam kafe yang berubah warna-warni, rasanya seperti sedang berada di taman kanak-kanak atau tempat penitipan anak.

Baca juga: Intip Parkroyal Collection, hotel bintang lima ramah lingkungan di KL

Wadah bergambar logo Cocomelon, semangka lucu berbentuk kotak menyerupai televisi, tertata rapi di sudut restoran. Wadah yang sama berjejer di atas meja, berisi beberapa pensil warna untuk tamu-tamu cilik.
 
Buah segar di kafe bertema Cocomelon, Fairmont Jakarta, Rabu (12/10/2022) (ANTARA/Nanien Yuniar)


Selembar kertas lebar dan tebal ditata di meja, menunjukkan menu makanan. Jika kertas itu dibalik, menu seketika berubah menjadi kertas mewarnai, berisi gambar JJ dan karakter-karakter lainnya.

Di pojok restoran ada meja dan kursi mini, sepertinya ditujukan untuk anak-anak, yang menjadi tempat para tamu melakukan aktivitas khusus seperti membuat pizza atau menghias cupcake yang bakal didampingi oleh koki hotel.
 
Ladybug Chocolate Dome di kafe bertema Cocomelon, Fairmont Jakarta, Rabu (12/10/2022) (ANTARA/Nanien Yuniar)


Menu makanan di kafe Cocomelon dirancang khusus untuk keluarga, ada makanan dengan tekstur lembut dan warna menarik untuk balita seperti sup dan roti lapis, hidangan dengan bentuk-bentuk menggemaskan, juga menu yang bisa dinikmati oleh orang dewasa.

Baca juga: Holiday Inn Resort akan hadir di kawasan PIK 2 pada 2024

Menurut Chef Hamish Lindsay, Executive Chef Fairmont Jakarta, Rabu (12/10), timnya melakukan riset dengan menonton program-program di Cocomelon dan memadukan inspirasi tersebut dengan membuat menu yang sekiranya bakal disukai oleh anak-anak, tanpa melupakan aspek nutrisi.
 
Tom Tom Bolognaise di kafe bertema Cocomelon, Fairmont Jakarta, Rabu (12/10/2022) (ANTARA/Nanien Yuniar)


Pada umumnya, makanan yang disuguhkan adalah hidangan yang praktis dan mudah dimakan, seperti Tom Tom Bolognaise yang terdiri dari pasta dengan saus bolognaise dan Bingo Paw Bun yang terdiri dari roti berbentuk kaki anjing lengkap dengan kentang goreng dan sayur.

Kafe ini juga punya menu yang bisa dinikmati bersama-sama, yakni aneka pasta serta pizza yang lezat. Khusus untuk menu yang ditujukan untuk tamu dewasa, ada dua menu yang mengandung bahan tidak halal, yakni Roasted Chicken Breast dan Ravioli Carbonara.

Namun, chef mengatakan kedua menu itu dibuat dan disajikan dengan peralatan yang terpisah, sehingga tamu yang memperhatikan kehalalan makanan tidak perlu khawatir. Menu-menu lain yang bisa disantap oleh ayah atau ibu meliputi salad, roti lapis, salmon, steak wagyu, juga pizza rendang pedas.

Baca juga: Menginap di hotel "lego" pertama di Asia, sejengkal dari Indonesia

Chef menambahkan, semua menu ini bisa disajikan setelah disetujui oleh perusahaan Moonbug Entertainment di Inggris yang membawahi Cocomelon.

Sentuhan karakter khas Cocomelon ada pada gambar yang ditancapkan di tengah hidangan, sampai logo semangka kotak menggemaskan yang dicap di permukaan roti burger.

Selera anak-anak yang cenderung menyukai makanan manis tampaknya benar-benar dimanjakan, sebab aneka makanan penutup yang serba manis ada di kafe tersebut.

Ada kepik cokelat yang berisi cokelat mousse manis dengan tambahan buah segar sebagai penetral rasa. Tersedia pula pai appleberry serta yoyo smores ice cream yang terdiri dari rocky road, es krim salted karamel ditambah dengan saus karamel.
Milkshake cokelat di kafe bertema Cocomelon, Fairmont Jakarta, Rabu (12/10/2022) (ANTARA/Nanien Yuniar)



Untuk minumannya, ada milkshake yang gelasnya didekorasi heboh dan ditambah topping yang penuh dengan krim kocok, permen, kue, buah, sampai marshmallow tergantung dari pilihan rasa.

Milkshare rasa cokelat akan dihiasi dengan segala makanan serba cokelat, sementara milkshake rasa stroberi akan dihiasi permen dan camilan serba pink, begitu juga milkshake rasa vanila yang tak kalah "ramai".

Untuk menyegarkan mulut, terdapat buah-buahan segar yang disesuaikan dengan logo Cocomelon, yakni semangka dibagi dua dan dipotong bergerigi. Isinya dikeruk sehingga menjadi mangkuk yang dipenuhi potongan buah semangka, pepaya, melon dan nanas segar serta stroberi lapis cokelat yang dibuat seperti kepik.

Baca juga: Avenzel Hotel and Convention gelar "Malaysian Cuisine Festival"
Melon Patch Play Area di kafe bertema Cocomelon, Fairmont Jakarta, Rabu (12/10/2022) (ANTARA/Nanien Yuniar)


Di luar restoran, terdapat tempat bermain khusus bernama Melon Patch Play Area yang didekorasi dengan suasana khas Cocomelon.

Terdapat perosotan kecil yang terhubung ke kolam bola warna-warni serta meja dan kursi mungil yang siap diduduki anak-anak yang ingin melakukan aktivitas menyenangkan, misalnya membuat origami, menggambar dan mewarnai.

Staycation ala Cocomelon

Tak puas hanya makan di kafe bertema Cocomelon? Anda dan buah hati dapat menginap di kamar yang penuh dengan karakter favorit penonton Cocomelon.

Bagi tamu yang memesan kamar Cocomelon, akan ada konter check in khusus untuk anak di mana tamu cilik akan diberikan "paspor" berisi daftar aktivitas selama di hotel.

Sebanyak 12 kamar yang disulap menjadi serba Cocomelon yang letaknya di lantai 15.

Suasana hotel bisnis seketika berubah menjadi kamar keluarga penuh ornamen warna-warni menggemaskan.

Baca juga: Prime Park Hotel rangkul designer lokal gelar Fashion On The Park
Kamar bertema Cocomelon di hotel Fairmont Jakarta, Rabu (12/10/2022) (ANTARA/Nanien Yuniar)


Begitu memasuki kamar, layar televisi menampilkan animasi Cocomelon dan lagu-lagu anak yang bisa jadi sudah familier di telinga anak-anak.

Jendela besar yang memperlihatkan pemandangan kota Jakarta dihiasi dengan stiker besar Cocomelon, pinggiran jendelanya dilapisi stiker warna-warni, sesuai dengan tema setiap ruangan. Temanya bervariasi, terinspirasi dari lirik lagu yang dinyanyikan di Cocomelon, seperti "I Love My Family", "Dinosaur Song", dan "the Beach Song".
Kamar bertema Cocomelon di hotel Fairmont Jakarta, Rabu (12/10/2022) (ANTARA/Nanien Yuniar)


Bukan cuma kamar yang penuh dekorasi meriah, tamu-tamu cilik dibuat gembira dengan tenda kecil di dalam kamar berisi mainan, buku mewarnai, pensil warna juga balon-balon.

Baca juga: Hotel khusus kucing di Paris kembali laris manis

Anak juga disambut dengan kue bergambar Cocomelon yang bisa dihias sendiri dengan taburan cokelat dan marshmallow.
Kamar bertema Cocomelon di hotel Fairmont Jakarta, Rabu (12/10/2022) (ANTARA/Nanien Yuniar)


Bila orangtua membawa rombongan yang lebih banyak, ada pilihan kamar lebih besar yang dapat menampung lima hingga enam orang.

Kamar tersebut dilengkapi juga dengan ruang khusus untuk bersantai, tempat tenda khusus anak, serta meja makan.

Para tamu yang menginap di kamar bertema ini bisa dapat kredit untuk menikmati makanan di kafe Cocomelon juga mainan eksklusif yang bisa dibawa pulang. Pengalaman staycation di kamar bertema Cocomelon dapat dirasakan dengan biaya mulai dari Rp3,5 juta ++.

Staycation ala Cocomelon di Jakarta dapat dicoba mulai 14 Oktober 2022 hingga 14 Januari 2023.

Baca juga: Ingin bersantai di pantai? Ini tujuh rekomendasi penginapan dekat laut

Baca juga: FHTB 2022 tarik minat 12.000 pengunjung

Baca juga: "Hotel" ini hadirkan pengalaman multisensoris terkait seks

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022