bukan hanya penindakan saja tapi untuk pencegahan
Jakarta (ANTARA) - Polres Metro Jakarta Barat gencar menjalankan program sosialisasi dan edukasi bahaya menggunakan narkoba ke sekolah-sekolah demi menyelamatkan generasi penerus bangsa.

"Kita memang bukan hanya penindakan saja tapi untuk pencegahan di lini pendidikan pun kita giatkan. Program sosialisasi sudah berjalan dan sampai sekarang masih berlanjut," kata Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Akmal saat ditemui di Jakarta, Jumat.

Akmal optimis sosialisasi anti narkoba di lingkungan sekolah bisa memutus mata rantai peredaran.

"Kalau pelajar sudah teredukasi bahaya narkoba,  pasar pengedar sudah pasti akan hilang sehingga peredaran pun terputus," jelas Akmal.

Selain itu, pelajar yang sudah teredukasi untuk tidak menggunakan narkoba akan lebih mudah mengenyam bangku pendidikan.

Hingga saat ini tercatat sekitar 500 sekolah di wilayah Jakarta Barat, sebagian dari jumlah sekolah tersebut sudah didatangi pihak Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat untuk sosialisasi dan edukasi bahaya narkoba.

Penyuluh yang dilakukan berupa penjelasan efek samping dan sanksi pidana yang akan diterima jika siswa terjerembab dalam pusaran narkoba.

"Pengguna narkoba juga bisa berujung aksi pidana lain seperti kekerasan hingga tawuran. Ini yang ingin kita cegah," jelas Akmal.

Dengan upaya tersebut, dia berharap angka peredaran narkoba di lingkungan sekolah bisa dihapuskan.
Baca juga: Polisi tangkap penyelundup narkoba yang dimasukan ke celana dalam
Baca juga: Satpol PP Jakbar edukasi warga agar tidak terjerumus narkoba
Baca juga: Polisi tangkap ibu-ibu kelompok sindikat peredaran sabu internasional

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022