Pattaya, Thailand (ANTARA) - Pattaya Floating Market adalah salah satu daya tarik wisata Thailand yang tak boleh dilewatkan oleh para wisatawan yang melancong ke Negeri Gajah Putih tersebut.

Sesuai namanya, Pattaya Floating Market merupakan atraksi pasar apung pinggir sungai di Pattaya, Thailand.

Dibangun pada 2008, destinasi wisata itu memamerkan indahnya kehidupan pinggir sungai Thailand di masa lampau yang masih terjaga keotentikannya hingga saat ini di zaman modern.

Baca juga: WiHaus kembangkan wisata kuliner baru khas Thailand di Garut
Ilustrasi suasana di Pattaya Floating Market, Thailand pada Jumat (14/10/2022). (ANTARA/Ida Nurcahyani)

Memasuki area bangunan kayu, wisatawan disambut para ladyboy cantik. Mereka siap menemani pose berfoto hanya dengan tips seikhlasnya.

Bersama tiket.com, ANTARA berkeliling berjalan menyusuri bangunan kayu yang berdiri di atas sungai.

Di sana, berbagai macam kerajinan tangan khas Thailand mulai dari baju, makanan, hingga minuman khas Thailand tersedia.

Beberapa menempati kios-kios di sepanjang bangunan kayu, sebagian dijajakan dalam perahu-perahu kayu yang tertambat di pinggir bangunan kayu.

Beberapa penjual juga menjajakan dagangannya dari atas perahu sambil mengayuh membelah sungai. Aneka makanan tradisional seperti ketan campur mangga yang disiram dengan saus santan gurih; mango sticky rice, aneka panggangan seafood hingga kue-kue tradisional lain berbahan dasar kelapa sangat cocok dinikmati saat hari cerah di Pattaya.

Baca juga: Rute baru kereta Bangkok - Pattaya akan beroperasi

Namun ada salah satu makanan yang menarik perhatian adalah sate buaya yang dijual oleh salah seorang pedagang di atas perahu.
Ilustrasi seorang pedagang menjual sate buaya di Pattaya Floating Market, Thailand pada Jumat (14/10/2022). (ANTARA/Ida Nurcahyani)

Sate buaya dijual 40 baht (sekira Rp16 ribuan) per tusuk yang terdiri sekitar empat potong besar daging.

Menurut salah seorang wisatawan yang mencoba, sate buaya terasa gurih namun dagingnya agak alot.

Bagi yang sudah terbiasa makan sate daging ayam dengan saus bumbu ala madura, maka sate buaya di Pattaya terasa kurang "nendang".

Sementara itu, bagi umat muslim yang membutuhkan santapan halal, Floating Market di Pattaya juga memiliki kedai yang menjual makanan tanpa babi dengan menu seperti somtam atau salad pepaya muda, tomyam segar hingga nasi goreng bihun khas Thailand, pad thai.

Baca juga: Strategi baru Thailand datangkan turis patut ditiru Indonesia

Jika sedang tak ingin berwisata kuliner, maka wisatawan juga bisa menikmati atraksi para seniman Thailand unjuk kebolehan melukis atau hanya sekedar nongkrong santai sambil fish therapy atau merasakan nikmatnya Thai massage.

Pengunjung bisa menyusuri sungai sambil berbelanja dari atas perahu dengan harga tiket masuk 300 Baht (Rp121.494).

Sejak pandemi COVID-19, wisata Thailand mulai bergeliat meski belum ramai. Floating Market di Pattaya contohnya, masih relatif sepi saat dikunjungi jelang akhir pekan.

Baca juga: Thailand buka lagi akses ke Maya Bay, pantai di film Leonardo DiCaprio

Baca juga: Thailand buka pulau Phuket untuk turis mulai Oktober

Baca juga: Thailand akan kembali buka bar dan berencana menerima sebagian turis

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022