Anak-anak sekolah nantinya bisa mengembangkan literasi IT
Probolinggo, Jawa Timur (ANTARA) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur mengenalkan robotik kepada siswa-siswi sekolah dasar untuk meningkatkan literasi di bidang teknologi informasi sejak dini.

"Pengenalan robotik bagi siswa SD itu untuk melatih olah logika berpikir anak-anak bahwa sebuah robot bisa bekerja apabila ada pemrograman dan sebuah robot itu akan menjalankan perintah melalui program yang dibuat," kata Kepala Bidang Pelayanan Pengembangan Perpustakaan Dispersip Kabupaten Probolinggo Suryana Nuring Perbawani di kota setempat, Sabtu.

Menurutnya pengenalan robotik bagi siswa SD bertujuan mengembangkan teknologi untuk perpustakaan dengan pemberian materi bagaimana memberikan perintah kepada robot.

"Anak-anak sekolah nantinya bisa mengembangkan literasi bidang IT, mengasah logika, analisa logika dan logika matematika karena di sana ada hitung-hitungannya," tuturnya.

Baca juga: UTS gunakan robot kelola koleksi perpustakaan

Baca juga: Pakar: Robotika dukung sistem teknologi berbasis revolusi industri 4.0


Anak-anak diajak bermain simpel coding yang sederhana dan alur berpikirnya memakai analisa coding, sehingga si robot itu bergerak dengan perintah yang mereka rancang.

"Misalnya bergerak lima langkah, maka perintahnya seperti apa nanti dipandu. Mereka nanti yang memberikan perintah," katanya.

Ia menjelaskan pengenalan robotika itu dilakukan dalam rangka mengembangkan layanan perpustakaan, sehingga perpustakaan tidak hanya untuk pinjam meminjam saja, tapi semua pelayanan yang ditujukan kepada masyarakat.

"Termasuk ilmu teknologi. Kami menjalankan fungsi sebagai praktek dari prinsip perpustakaan berbasis inklusi sosial, sehingga adanya pengenalan robotika itu diharapkan para siswa SD tertarik untuk belajar teknologi literasi dengan datang ke perpustakaan," ujarnya.

Selain belajar di kelas, lanjut dia, para siswa juga bisa membaca buku-buku dan berkegiatan di perpustakaan, sehingga pihaknya mengenalkan perpustakaan dengan menarik minat mereka berkunjung ke perpustakaan karena dengan mencintai buku tentunya akan semakin menambah literasinya.

Baca juga: Sekolah Indonesia Nederland kenalkan robotika untuk siswa

 

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022