Jakarta (ANTARA) - Sanfrecce Hiroshima bisa dikatakan sebagai penguasa kompetisi Liga Jepang musim ini mengingat dua pertandingan final telah menunggu tim yang saat ini diasuh pelatih asal Jerman, Michael Skibbe itu.

Dua laga final yang bakal dihadapi Sanfrecce Hiroshima sebagaimana dikutip dari J.League di Jakarta, Sabtu adalah laga puncak J.League YBC Levain Cup dan Piala Kaisar Jepang 2022.

Pada laga final J.League YBC Levain Cup, Sanfrecce Hiroshima menghadapi Cerezo Osaka di Stadion Nasional Jepang, Sabtu (22/10) pukul 11.05 WIB. Sedangkan final Piala Kaisar Jepang 2022 melawan Ventforet Kofu di Nissan Stadium, Minggu (16/10) pukul 12.00 WIB.

Baca juga: J.League akan mengheningkan cipta sebelum laga pekan ini

Masuknya Michael Skibbe untuk menggantikan Kentaro Sawada pada awal musim dinilai menjadi kebangkitan bagi tim yang berjuluk La Viola itu. Pengalaman melatih tim besar seperti Borussia Dortmund, Bayer Leverkusen, Eintrach Frankfurt, Hertha Berlin, dan Galatasaray menjadi modal di Negeri Sakura.

Skibbe yang melatih di Jepang untuk pertama kali itu musim ini membuat Sanfrecce Hiroshima terbang tinggi. Selain di dua kejuaraan tersebut, Skibbe juga membawa timnya berada di posisi tiga klasemen Liga Utama Jepang, Meiji Yasuda J1 League yang kini menyisakan dua laga.

Butuh tiga poin saja untuk memastikan tempat di tiga besar alias tiket ke Liga Champions Asia musim depan. Berbekal kejelian pelatih dan pemain yang ada seperti Sho Sasaki, Hayato Araki, Gokuto Notsuda, dan pemain asing seperti Douglas Vieira dan Ezequiel membuat peluang lebih terbuka.

Sanfrecce Hiroshima lolos ke final J.League YBC Levain Cup setelah tampil apik sejak fase grup. Pada babak play-off, Sanfrecce Hiroshima menang 3-0 di kandang Hokkaido Consadole Sapporo dan imbang 1-1 di kandang sendiri, membuat mereka lolos ke babak delapan besar.

Pada perempat final, Sho Sasaki dan kawan-kawan menyingkirkan pemuncak klasemen sementara J1 League, Yokohama F. Marinos, dengan kemenangan 3-1 di kandang dan menang 2-1 saat tandang.

Pada semifinal, Sanfrecce Hiroshima menang 3-2 saat melawat ke markas Avispa Fukuoka dan imbang 0-0 di kandang sendiri, membuat mereka memastikan diri lolos ke final.

Baca juga: Tim J2 League Ventforet Kofu lolos ke final Piala Kaisar Jepang

Ini adalah kali ketiga Sanfrecce lolos ke final, namun dalam dua kesempatan sebelumnya mereka selalu gagal jadi juara.

Sementara itu di Piala Kaisar Jepang 2022, Sanfrecce Hiroshima juga tampil luar biasa di kompetisi tertua di Negeri Matahari Terbit. Laga demi laga sukses dilalui dengan baik oleh Sho Sasaki dan kawan-kawan.

Kepastian lolosnya Sanfrecce Hiroshima ke Piala Kaisar Jepang 2022 setelah meraih kemenangan 2-1 atas Kyoto Sanga melalui babak perpanjangan waktu via gol Ben Khalifa pada menit ke-95.

Sebelumnya, Sanfrecce Hiroshima pernah tiga kali jadi juara Piala Kaisar, meski ketiganya terjadi sebelum era J.League dimulai pada 1993. Sanfrecce menjadi juara pada 1965, 1967, dan 1969 saat masih bernama Toyo Industries alias Toyo Kogyo Shukyu Club.

Sejak era J.League dimulai, Sanfrecce seperti tidak memiliki keberuntungan. Mereka lima kali lolos ke final, lima kali pula mereka harus rela kalah di partai puncak, yaitu pada tahun 1995, 1996, 1999, 2007, dan 2013.

Baca juga: Rapor pemain Liga Utama Jepang di Timnas Jepang pada FIFA Matchday

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022