Saya merasa bangga kepada para perajurit kedua angkatan darat yang cakap mengolah taktik dan strategi, ....
Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman secara resmi menutup Latihan Bersama (Latma) Safkar Indopura Ke-34 pada tahun 2022 di daerah latihan Dawuan, Karawang, Jawa Barat, Sabtu.

Latihan itu digelar selama 10 hari antara TNI AD dan Tentara Angkatan Darat Singapura atau Singapore Armed Forces (SAF).

"Saya merasa bangga kepada para perajurit kedua angkatan darat yang cakap mengolah taktik dan strategi, terampil mengoperasikan berbagai alutista canggih, serta tidak gagap menghadapi skenario latihan yang berkembang, dinamis, dan penuh tantangan," kata Kasad dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Materi latihan, di antaranya pengenalan satuan dan display persenjataan, profesional exchange tentang teknik, taktik, dan prosedur operasi tempur kota (purkota), pengenalan rantis anoa, live firing exercise, command post exercise tingkat brigade dan batalion, serta field training exercise tingkat batalion dalam Operasi Purkota.

"Melalui latihan bersama ini kami saling berbagi pengalaman, pengetahuan, dan teknik bertempur, karena kami memiliki visi yang sama, yang terjalin dari ikatan persaudaraan dan kemitraan strategis yang penting di Asia Tenggara," jelas Kasad.

Kasad memastikan bahwa perbedaan doktrin, teknik, dan taktik tempur di antara dua kontingen bukanlah halangan dalam latihan. Menurut dia, kondisi tersebut justru dapat menambah khazanah pengetahuan kedua AD.

Menurut dia, nantinya akan sangat berguna saat kedua AD harus bekerja sama dalam tugas-tugas yang akan datang, baik dalam forum bilateral, regional, maupun tingkat internasional.

Jenderal Dudung mengapresiasi Chief of Singapura Army Mayor Jenderal David Neo Chin Wee beserta jajaran atas kerja samanya dalam penyelenggaraan latihan bersama.

Kasad berharap Latma Safkar Indopura dapat terus dilanjutkan sebagai wahana meningkatkan kemampuan dan profesionalisme perajurit.

Pada kesempatan yang sama Chief of Singapura Army Mayor Jenderal David Neo Chin Wee menyatakan bahwa Indonesia punya tempat di hatinya sebagai lulusan Seskoad.

"Saya senang sekali dapat berada di tempat latihan bersama banyak sahabat dari TNI AD. Saya ingin menyatakan terima kasih kepada Bapak Kasad untuk menjadi tuan rumah hari ini serta kunjungan kehormatan saya ke Indonesia pada bulan Maret yang lalu. Ini mencerminkan bahwa persahabatan antara TNI AD dan SAF tetap erat dan makin kuat," katanya menegaskan.

David memberikan ucapan selamat kepada peserta latihan, yang telah sukses melaksanakan latma ini dengan baik dan berhasil, serta ucapan terima kasih kepada Brigif Mekanis 1 dan Yonif Mekanis 202 dari TNI AD dan Brigif 3 dan Yonif 3 dari Singapura.

Upacara penutupan Latma Safkar Indopura-34/2022 diakhiri dengan penanggalan tanda peserta latihan dari kedua negara dan dilanjutkan dengan penyerahan obor serta bendera Safkar Indopura, dan dilanjutkan yel-yel dari kedua pasukan serta foto bersama.

Baca juga: Kasad kunjungi Akademi Militer Australia
Baca juga: Dudung letakkan karangan bunga di Australian War Memorial

Pewarta: Fauzi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022