Jakarta (ANTARA) - Organisasi massa Pemuda Pancasila (PP) menggelar pendidikan dan pelatihan (diklat) kaderisasi untuk pucuk pimpinan di Sekretariat Majelis Pimpinan Nasional (MPN), Jakarta Pusat, Sabtu.

"Kegiatan ini untuk menyamakan pemahaman seluruh pengurus PP tentang organisasi, arti keberadaan organisasi di tengah masyarakat," kata Wakil Ketua Umum MPN PP Ahmad Ali dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Ahmad Ali menjelaskan bahwa Ketua Umum PP dalam setiap kesempatan selalu menyampaikan agar para fungsionaris organisasi untuk selalu menyamakan pemahaman, untuk membawa organisasi lebih baik pada masa depan.

Ia memandang perlu PP menjaga nilai-nilai organisasinya sendiri serta membangun komitmen yang kuat dengan cara memantaskan diri untuk berkontribusi besar bagi rakyat Indonesia dan keutuhan NKRI.

Oleh karena itu, kata dia, para fungsionaris MPN PP perlu dibekali dengan nilai-nilai luhur Pancasila melalui pendidikan dan pelatihan agar mampu menjadi teladan bagi masyarakat luas.

"Jangan sampai mau menjadi pengajar, menjadi pemateri setiap diklat, dan mengajarkan kader-kader untuk ikut penjenjangan kaderisasi, tetapi diri sendiri yang membawa materi tidak pernah mengikuti (ketentuan) organisasi," katanya menegaskan.

Anggota DPR RI itu menegaskan bahwa Ketua Umum PP dan dirinya memberikan contoh sebagai peserta diklat kaderisasi tersebut.

"Walaupun mungkin dalam pemahaman keorganisasian dengan jabatan yang dimiliki ketum, tentunya pemahaman beliau yang sudah sangat paripurna tentang organisasi ini. Akan tetapi dalam segi penjenjangan berorganisasi, beliau dan kami semua harus mengikuti tahapan ini," jelasnya.

Baca juga: Pengamat apresiasi sikap politik Pemuda Pancasila pada Pemilu 2024
Baca juga: Ketua PP Yapto instruksikan Pemuda Pancasila dukung Anies jadi capres

Pewarta: Fauzi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022