Salah satu program fisik TMMD ke-113 di Majene adalah membangun rumah warga miskin yang masuk dalam kategori rumah tidak layak huni (RTLH)
Majene, Sulbar (ANTARA) - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 merehabilitasi pembangunan rumah warga miskin di Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

Perwira Seksi Teritorial Kodim 1401 Majene, Kapten (Inf)  Muhtar di Mamuju, Sabtu menjelaskan program TMMD di Majene mengambil tema "Dedikasi Terbaik Membangun NKRI," dan dilaksanakan di Desa Buttu Pamboang, Kecamatan Pamboang, Kabupaten Majene.

Ia mengatakan  salah satu program fisik TMMD ke-113 di Majene adalah membangun rumah warga miskin yang masuk dalam kategori rumah tidak layak huni (RTLH).

"Program pembangunan rumah untuk warga miskin tersebut, sebagai bentuk kepedualian TNI kepada warga tidak mampu dan untuk memberikan kesejahteraan kepada masyarakat," katanya.

Ia mengatakan rumah warga yang dibangun tersebut milik warga atas nama Sapar (59), yang merupakan warga Desa Buttu Pamboang, Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene, di mana rehab rumah tersebut sangat didambakan warga tersebut

"Warga tersebut senang rumahnya dibangun dalam waktu dua minggu, warga itu sebelumnya telah berniat membangun rumahnya namun kesulitan biaya, dan baru bisa terlaksana berkat program TMMD," katanya

Ia menyampaikan program TMMD ke-115 Kodim 1401 di Majene yang melibatkan 150 orang personel TNI, juga melaksanakan sejumlah program fisik.

Di antaranya pengerasan jalan sepanjang 700 meter, pengecoran jalan sepanjang 600 meter, pembuatan drainase sepanjang 750 meter, pembuatan plat duiker sepanjang tujuh meter, dan rehab masjid satu unit.

Sementara untuk sasaran nonfisik, kata Muhtar, terdiri atas penyuluhan wawasan kebangsaan, hukum dan kamtibmas, sosialisasi paham radikalisme, penyuluhan kesehatan untuk mencegah stunting, dan penyuluhan penyakit tidak menular.

Bupati Majene Achmad Syukri SE, MM mengatakan program TMMD diharapkan terpadu dengan program pemerintah daerah yang bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan daerah

Ia berharap kekompakan peran TNI dengan rakyat harus senantiasa dipupuk sehingga program dilaksanakan dapat selesai tepat waktu dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat.

Baca juga: TNI kerahkan pesawat bantu korban gempa Sulbar

Baca juga: Dua helikopter bantu distribusi bantuan di lokasi terisolir Sulbar

Baca juga: TNI AU angkut 14 ton bantuan untuk korban gempa Sulbar

Baca juga: 1.230 pasien pengungsi gempa Sulbar telah dilayani RSL TNI-AD

Pewarta: M.Faisal Hanapi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022