Alor Setar, Malaysia (ANTARA) - Pebalap Indonesia dari tim Mula Cycling Muhammad Andy Royan menempati posisi kedua kategori pebalap Asia terbaik (best Asian Stage) etape 6 Le Tour de Langkawi 2022 (LTdL) dari George Town menuju Alor Setar, Malaysia, Minggu.

Royan mencatatkan waktu 2:49:42 untuk menyelesaikan rute sepanjang 120,4 km. Sedangkan posisi teratas kategori best Asian stage ditempati oleh Abdul Halil dari Malaysia.

Posisi ketiga diisi oleh pebalap Thailand Arttasorn Pansaard disusul rekan Andy Royan dari tim Mula Cycling Ahmad Firdaus dengan waktu 2:49:42.

Baca juga: Erlend Blikra rajai trek datar etape 6 Tour de Langkawi

Royan dalam etape ke-6 menyelesaikan balapan di posisi 17 dengan waktu 2:49:42. Etape ke-6 memiliki karakter lurus dan mendatar tidak banyak tanjakan.

Rute seperti ini akan membuat para sprinter mengayuh sepedanya dengan kencang sejak awal balap, sesuai dengan karakter Royan yang memang lebih menyukai sprint atau trek lurus daripada climb atau mendaki.

Etape ke-6 berhasil dimenangkan oleh Erlend Blirka dari tim Uno X-Pro Cycling Team asal Norwegia diikuti oleh Gleb Syritsa dari Astana Qazaqstan Team.

Sedangkan posisi ketiga diisi oleh Rudiger Selig dari tim Lotto Sudal. Sejak awal balap hujan terus mengguyur etape 6. Bahkan hingga selesai balap di ujung garis finis hujan sempat turun semakin lebat.

Atas capaian Erlend Blirka di etape 6, posisi perebutan klasemen jaket kuning tidak banyak berubah dari etape sebelumnya dengan Sosa Cuervo teratas, disusul oleh John Carthy dan Rubio Reyes berada di posisi ketiga.

Kemudian untuk perebutan jaket merah tidak ada perubahan dari sebelumnya, sebab pada hari ini tidak ada perebutan tantangan mendaki atau King of Mountain (KOM).

Jaket putih, untuk kategori pebalap Asia terbaik masih dikenakan oleh Jambaljamts Sainbayar dari tim TSG Malaysia.

Baca juga: Aiman Cahyadi masuk empat besar terbaik Asia dalam Tour Langkawi
Baca juga: Sosa Cuervo ambil alih jaket kuning Le Tour de Langkawi

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022