Jakarta (ANTARA) - Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa menginginkan dan mengajak militer Thailand ikut serta berpartisipasi dalam latihan Super Garuda Shield Tahun 2023.

"Sangat bagus bagi prajurit TNI untuk bisa turut ambil bagian dalam berbagai latihan multinasional," kata Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa melalui kanal YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa yang dipantau di Jakarta, Minggu.

Hal itu dikatakan mantan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) saat menerima kunjungan Atase Pertahanan Thailand Group Captain Chayot Sawansan.

Panglima Ke-21 TNI tersebut mengatakan pertemuannya dengan Atase Pertahanan Thailand merupakan bagian dari penguatan hubungan bilateral antara Indonesia dengan Negeri Gajah Putih tersebut.

Baca juga: Panglima TNI tegas terhadap kelalaian prajurit gunakan senjata
Baca juga: Panglima TNI: Hubungan bilateral UEA-Indonesia terjalin sangat kuat


Penguatan hubungan bilateral kedua negara, katanya, termasuk membahas tentang sektor pariwisata, budaya, pengembangan, dan inovasi di berbagai bidang.

Pertemuan keduanya merupakan ruang diskusi untuk mengenal satu sama lain. Dialog Jenderal Andika dengan Captain Chayot Sawansan membicarakan berbagai latihan bersama yang diadakan Thailand.

Dalam latihan bersama tersebut sejumlah prajurit TNI ikut ambil bagian atau berpartisipasi. Mantan Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) tersebut berharap personel yang ikut bisa belajar dari berbagai negara dan memperluas persahabatan.

Atase Pertahanan Thailand Group Captain Chayot Sawansan mengatakan kekuatan militer di negaranya terus melakukan peningkatan dan pembaruan.

"Kami memiliki latihan tempur yang melibatkan 15 negara," ujar Captain Chayot Sawansan.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022