destinasi wisata rakyat dengan lingkungan yang sudah bagus
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono memperingati Hari Habitat Dunia (HHD) dan Hari Kota Dunia (HKD) 2022 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, bersama segenap jajaran pejabat tinggi Madya dan Pratama Kementerian PUPR, Minggu.

Siaran pers Kementerian PUPR di Jakarta, menjelaskan, kegiatan itu diawali dengan kegiatan senam pagi, kemudian dilanjutkan dengan pelepasan burung merpati yang menjadi tanda dimulainya jalan santai (Fun Walk) dengan trek sepanjang dua kilometer mengitari kawasan TMII dan dilanjutkan dengan pelepasan sekitar 20 ribu benih ikan di kawasan Danau Archipelago.

Rute jalan santai dimulai dari kawasan Keong Mas, lalu mengitari kawasan hingga garis akhir di Danau Archipelago.

Kementerian PUPR telah melakukan penataan dan revitalisasi sarana prasarana kawasan TMII sebagai salah satu arena pendukung bagi presidensi Indonesia pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 dengan total anggaran sebesar Rp1,08 triliun.

Baca juga: TWC pastikan tidak ada pemutusan hubungan kerja terhadap karyawan TMII

Selain itu, penataan kawasan TMII dilakukan pula sebagai upaya untuk merawat bangunan bersejarah dan menjadikannya sebagai ikon baru kebanggaan Indonesia.

“Sejak dibangun pada tahun 1970-an, baru kali ini diadakan renovasi besar-besaran di TMII. Untuk pengerjaannya sudah hampir selesai, menunggu peresmian dari Presiden,” ujar Basuki.

Penataan dan renovasi kawasan TMII ini mengadopsi konsep destinasi wisata rakyat. Di DKI Jakarta sendiri, terdapat tiga destinasi wisata rakyat, yaitu Kebun Binatang Ragunan, kawasan Taman Impian Jaya Ancol, serta TMII.

“Diharapkan masyarakat yang masuk ke Kawasan TMII ini bisa piknik di sini membawa tikar, serta bekal makan siang. Inilah Taman Mini kita yang baru, destinasi wisata rakyat dengan lingkungan yang sudah bagus,” ujar Basuki.

Baca juga: Kementerian PUPR minta tiket masuk TMII tetap terjangkau masyarakat

Basuki juga berpesan supaya selalu menjaga kebersihan, terlebih kawasan seluas 150 hektare itu merupakan salah satu aset negara yang berharga.

“Terima kasih atas partisipasinya dalam HHD-HKD 2022, selamat menikmati TMII yang baru, sampaikan kepada masyarakat untuk berkunjung dan memelihara TMII ini. Kebersihan harus dijaga, karena sangat tidak mudah untuk mengurus ini. Kita harus keras dan disiplin untuk menjaga kawasan ini tetap terjaga,” kata Menteri Basuki.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Direktur Jenderal Sumber Daya Air Jarot Widyoko, Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti, Direktur Jenderal Perumahan Iwan Suprijanto, Kepala BPSDM Khalawi, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S Atmawidjaja serta jajaran direksi BUMN Konstruksi mitra PUPR.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022