jarak tempuh Pos SAR Wakatobi dengan lokasi kecelakaan sekitar 20 mil laut
Kendari (ANTARA) - Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kendari, melakukan operasi pencarian terhadap enam orang penumpang kapal yang dilaporkan mengalami mati mesin di perairan Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi dalam keterangan tertulisnya diterima di Kendari, Minggu mengatakan pihaknya menerima informasi kejadian tersebut pada pukul 15.40 Wita.

"Kami menerima informasi dari Bapak La Aci yang melaporkan pada pukul 14.45 WITA telah terjadi kecelakaan kapal yakni KM Taman Wisata GT 109 mengalami mati mesin di perairan Wakatobi dengan 6 orang penumpang," katanya.

Usai menerima laporan tersebut pihaknya kemudian memberangkatkan tim penyelamat dari Pos SAR Wakatobi untuk memberikan bantuan SAR.

"Tim berangkat pada pukul 15.55 WITA menuju lokasi kejadian kecelakaan dengan menggunakan RIB (kapal karet bermesin). Jarak tempuh Pos SAR Wakatobi dengan lokasi kecelakaan sekitar 20 mil laut," ujar dia.

Baca juga: Basarnas evakuasi dua nelayan mati mesin kapal di Buton Selatan
Baca juga: Basarnas Bengkulu evakuasi 19 orang dari kapal mati mesin

Ia menerangkan, sebelumnya pada pukul 01.00 WITA KM Taman Wisata GT 109 yang memuat enam orang berangkat dari Pelabuhan Kendari dengan tujuan Kaledupa Kabupaten Wakatobi.

Kapal tersebut bermuatan barang campuran, namun di tengah perjalanan di perairan Wakatobi kapal mengalami kerusakan pada mesin dan mengakibatkan tidak dapat melanjutkan perjalanan menuju Kaledupa.

"Demikian, perkembangan selanjutnya termasuk nama-nama penumpang akan kami sampaikan menyusul," kata Aris.

Baca juga: Basarnas cari 7 nelayan alami mati mesin kapal di Tanjung Toronipa

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022