Banjarmasin (ANTARA) - Empat provinsi memperebutkan juara di final cabang lomba tafsir Al-Quran Bahasa Arab pada Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-29 tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Selatan.

Empat provinsi tersebut berebut juara untuk golongan putra dan putri pada cabang tafsir Al-Quran Bahasa Arab yang berlangsung babak final di Gedung Serba Guna Mesjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Senin ini.

Menurut Koordinator Tempat Perlombaan Hifzil Quran golongan 3 Juz dan Tafsir Al-Quran Bahasa Arab MTQN ke-29, H Aspiani Nurhasani Lc, empat provinsi tersebut, yakni, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Jawa Timur dan Sumatera Utara.

"Jabar dan Sulsel masing-masing memiliki perwakilan peserta masuk final di putra dan di putri," ujarnya.

Baca juga: Tim putra-putri Sumsel masuk final hifzil 10 juz MTQN ke-29 Kalsel

Baca juga: 34 provinsi ikuti kompetisi hapal Al-Quran 10-20 juz MTQN ke-29


Adapun daftar lengkapnya provinsi yang pesertanya masuk final tersebut, yakni, untuk putri dari Jabar, Jatim dan Sulsel, sedangkan untuk putra dari Jabar, Sumut dan Sulsel.

Aspiani menyampaikan, untuk babak final ini semua peserta mengikuti ujian yang terbagi pada empat komponen, yakni, kosa kata, asbabunnuzul dan kolerasinya, tafsir umum dan wawasan.

"Mereka tampil rata-rata 45 menit setiap peserta," ujarnya.

Menurut dia, pemenang atau juara pada cabang ini diumumkan secara resmi pada penutupan MTQN nantinya.

MTQ Nasional ke-29 tahun 2022 di Provinsi Kalsel dari 10--19 Oktober dibuka secara resmi Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin di Kiram Park pada Rabu (13/10/2022) yang melombakan 8 cabang lomba dan 23 golongan.

Venue perlombaan pada MTQ Nasional ke-29 di Kalsel tersebar pada 12 titik di Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin.

Menurut laporan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, peserta atau qori dan qoriah yang mengikuti MTQN ke-29 ini sebanyak 1.676 orang dari 34 provinsi.*

Baca juga: Kalbar motivasi kafilahnya dengan tambahan hadiah di MTQ Nasional

Baca juga: Kalsel jadi contoh sukses gelar MTQ Nasional di tiga kota

Pewarta: Sukarli
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022