Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate berharap upaya pengembangan inovasi lewat Innovations of Frequency and Standardization Festival (IFaS Fest) tahun 2022 yang dapat ditindaklanjuti dengan memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

“Mudah-mudahan inovasi-inovasi ini terus ditingkatkan tidak saja sampai di tingkat memenangkan festival tapi sampai di tingkat lanjutannya. Setelah itu di-follow up yang bisa dipakai dan digunakan untuk peningkatan tata kelola layanan pemerintahan,” kata dia melalui siaran pers yang diterima, Senin.

Menurut Johnny, kegiatan tahunan yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika itu harus jadi momentum untuk meningkatkan inovasi pelayanan kepada masyarakat.

“Di era saat ini, inovasi sangat menentukan kemajuan suatu bangsa dan kemajuan suatu komunitas,” kata dia.

Dia menyatakan, berbagai inovasi dan kreativitas dari civitas Ditjen SDPPI perlu dikembangkan dan dirasakan manfaatnya di lintas kementerian dan lembaga hingga ke pemerintah daerah.

“Yang bisa dikomersialkan diteruskan agar bisa menghasilkan produk dan jasa yang berguna dan bermanfaat, yang bisa menjadi salah satu produk dari industri nasional kita. Jadi dia tidak stop di award," ujar dia.

Sementara itu, Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo Ismail mengatakan, IFaS Fest sebagai kegiatan tahunan menjadi ajang bagi keluarga besar SDPPI untuk memacu inovasi dan kreativitas. Kegiatan tersebut telah diselenggarakan selama lima tahun dan menghasilkan beragam karya dengan tema utama berkaitan dengan transformasi digital nasional.

“Kita sangat bangga dengan generasi muda SDPPI dan Kominfo pada umumnya, kami sadar betul dalam berbagai arahan Bapak Menteri selalu menyampaikan kepada kita bahwa Kominfo adalah kementerian teknis yang memberikan inspirasi dan menggawangi transformasi digital di Indonesia,” tuturnya.

Menurut dia, inovasi dan kreativitas merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam mendorong keberhasilan transformasi digital di Indonesia.

“Apalagi di SDPPI banyak sekali kegiatan-kegiatan dan perangkat-perangkat teknis yang harus kami kelola dalam rangka menjalankan amanah yaitu manajemen spektrum frekuensi radio dan standarisasi perangkat," demikian ujar Ismail.

Baca juga: Kemenkominfo jaga ruang digital menjelang Pemilu

Baca juga: Kemenkominfo tingkatkan kompetensi digital penyandang disabilitas

Baca juga: Menkominfo: Perlu ada kolaborasi hasilkan talenta digital yang memadai


 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022