Badung (ANTARA) - Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkomlimda) Kabupaten Badung Bali meminta masyarakat setempat untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjelang pelaksanaan KTT G20 di Badung pada November mendatang.

Forkompimda Badung juga telah mengeluarkan lima poin imbauan Kamtibmas yang terus disosialisasikan dan dikoordinasikan kepada masyarakat dalam rangka menjaga situasi Kamtibmas yang aman, damai dan kondusif dalam pelaksanaan Presidensi G20.

"Pemkab Badung bersama seluruh jajaran Forkopimda akan tetap meningkatkan koordinasi dan selalu meminta arahan dari pemerintah pusat demi suksesnya penyelenggaraan G20," ujar Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta di kawasan Kuta Badung, Senin.

Lima poin imbauan tersebut diantaranya adalah masyarakat diajak ikut berpartisipasi dan memberi kontribusi dalam menjaga keamanan dan ketertiban di tempat tinggal dan lingkungannya masing-masing.

Yang kedua masyarakat juga diimbau agar dapat turut serta dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi para wisatawan domestik dan internasional yang berkunjung di wilayah kabupaten badung dari ancaman kriminalitas terutama kejahatan jalanan.

"Warga juga kami imbau agar menyelesaikan potensi konflik sosial atau adat yang ada di wilayah masing-masing secara arif dan bijaksana dengan mengedepankan penyelesaian melalui forum sistem pengamanan lingkungan terpadu berbasis desa adat atau Sipandu Beradat," ungkap Bupati Giri Prasta.

Masyarakat juga diimbau untuk selalu menjaga kerukunan dan keharmonisan dalam segenap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta menghindari hal-hal yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

"Masyarakat juga diimbau agar selalu bijaksana dalam menggunakan media sosial, tidak menyebarkan informasi hoax yang dapat menyesatkan dan memprovokasi masyarakat lainnya," kata dia.

Bupati Giri Prasta menambahkan pihaknya akan terus bersinergi dengan jajaran TNI-Polri dan pihak-pihak terkait lainnya agar pelaksanaan G20 yang puncaknya akan berlangsung pada 15-16 November mendatang dapat berjalan baik dan lancar sesuai harapan.

"Kami di Badung sudah sangat siap. Dengan adanya imbauan bersama Forkopimda itu kami harap seluruh masyarakat dapat melaksanakannya secara bersama dengan baik," ujar dia.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022