Butter yang dingin sangat cocok untuk mendapatkan tekstur tart yang renyah
Jakarta (ANTARA) - Jenama butter Anchor kembali berkolaborasi dengan Chef Devina Hermawan untuk menghadirkan resep masakan tart jamur yang mudah dibuat.

Menggunakan Anchor Butter sebagai salah satu bahan utama, Chef Devina mendemonstrasikan pengolahan tart jamur yang mudah dan disukai seluruh anggota keluarga untuk merayakan Hari Pangan.

“Resep ini menggunakan butter karena merupakan lemak alami yang bisa menjawab tiga kebutuhan sekaligus," ujar Devina dalam siaran pers diterima Senin.

Untuk kebutuhan pertama, butter membantu supaya masakan tidak menempel di wajan atau wadah lain. Kedua, butter membantu memberikan berbagai tekstur yang khas, entah itu untuk membuat tekstur jadi lebih lembut dan creamy, atau membuat makanan jadi renyah.

"Ketiga, rasa butter-nya meresap ke dalam bahan makanan sehingga rasa jadi lebih gurih dan aroma jadi lebih harum tanpa overpowering rasa asli masakannya,” kata Devina.

Baca juga: Overnight Oat Cheesecake a la Chef Devina

Baca juga: Kiat memasak steak lezat di rumah saja ala Devina Hermawan


Untuk membuat tart jamur ala Chef Devina cukup mudah. Berikut bahan dan cara membuatnya.

1. Untuk adonan kulit tart, potong kotak kecil Anchor Unsalted Butter lalu pindahkan ke dalam mangkuk

2. Masukkan tepung terigu dan garam, aduk menggunakan tangan hingga menjadi butiran pasir. Tambahkan air es, aduk sebentar lalu bungkus dengan cling wrap. Masukkan ke dalam kulkas selama 1 jam.

3. Untuk bawang bombai karamel, iris bawang bombai lalu tumis di api besar hingga wangi dan sedikit kecokelatan. Tambahkan garam, gula pasir, lada hitam, dan daun thyme, masak hingga kecokelatan di api kecil.

4. Matikan api lalu masukkan Anchor Unsalted Butter, aduk rata, sisihkan.

5. Pipihkan adonan lalu bentuk persegi panjang. Tekan-tekan bagian pinggir adonan, tusuk bagian tengah adonan dengan garpu lalu panggang di suhu 170 derajat Celcius selama 15 menit.

6. Potong-potong jamur sesuai selera lalu panaskan minyak, tumis jamur oyster dan shimeji di api besar beberapa saat. Masukkan sisa jamur, masak kembali hingga wangi dan kecokelatan.

7. Masukkan Anchor Unsalted Butter, daun thyme, garam, dan lada hitam, aduk rata kemudian masukkan Anchor Cooking Cream masak beberapa saat. Pindahkan ke dalam mangkuk. Dinginkan hingga hangat kuku lalu tambahkan kuning telur, aduk rata

8. Susun caramelized onion dan krim jamur di atas tart crust. Tambahkan parutan keju parmesan. Panggang kembali di suhu 190 derajat celcius selama 10 menit. Tart Jamur siap disajikan.

“Butter ini bisa digunakan dalam berbagai cara. Butter yang dingin sangat cocok untuk mendapatkan tekstur tart yang renyah seperti pada mushroom tart ini," kata Devina.

Ketika butter dalam keadaan dingin, butter berada dalam keadaan sangat padat sehingga tidak mudah meresap ke adonan. Ketika dipanggang, butter inilah yang menciptakan flaky and crispy layers yang cantik.

"Kalau sedang tidak mau baking, butter juga bisa digunakan untuk berbagai jenis makanan yang lain, mulai dari tumisan, gorengan, bahkan untuk makanan berkuah seperti sup juga bisa,” ujarnya.

Baca juga: Resep membuat Bakso Aci Tom Yum ala Devina Hermawan

Baca juga: Chef Devina Hermawan berbagi resep masakan Nusantara

Baca juga: Quaker gandeng Chef Devina luncurkan rolled oat

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022