Jakarta (ANTARA) - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar memberikan penghargaan kepada kepala desa (kades) se-Kota Batu, Jawa Timur, yang telah berhasil mengalihkan status desa yang mereka pimpin menjadi Desa Mandiri.

Berdasarkan siaran pers yang diterima di Jakarta, penghargaan tersebut diberikan dalam upacara HUT Ke-21 Kota Batu dalam bentuk penyerahan piagam dan penyematan lencana pada baju dinas para kepala desa oleh Abdul Halim sebagai bentuk apresiasi atas prestasi mereka membangun desa.

"Ini supaya memicu desa-desa lain sekaligus memberikan informasi kepada warga bahwa desanya sudah mandiri karena lencana dipakai sebagai atribut kepala desa yang berhasil dan dipakai setiap hari," ujar Abdul Halim dalam Upacara HUT Ke-21 Kota Batu, di Kota Batu, Provinsi Jawa Timur, Senin.

Selain para kepala desa, Abdul Halim juga memberikan penghargaan berupa "Lencana Bakti Desa Utama" kepada Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. Penghargaan itu diberikan atas keberhasilan Dewanti membuat seluruh desa di Batu yang berjumlah 19 itu berstatus Desa Mandiri berdasarkan hasil pengukuran Indeks Desa Membangun (IDM) Kemendes PDTT.

"Jadi, pada level wali kota beliau adalah satu-satunya di seluruh Indonesia yang desanya sudah mandiri semua," ujar Abdul Halim.

Ada beberapa kategori lencana yang diberikan Kemendes PDTT kepada pemerintah daerah sesuai dengan kategori desa. Pertama, "Lencana Bakti Desa Pertama" yang diberikan kepada kepala daerah yang di daerah kepemimpinannya tidak ada desa berstatus sangat tertinggal dan tertinggal.

Selanjutnya, "Lencana Bakti Desa Madya" yang diberikan kepada kepala daerah yang seluruh desanya berstatus maju dan mandiri. Ada pula "Lencana Bakti Desa Utama" untuk kepala daerah yang seluruh desanya berarti Mandiri.

Adapun terkait dengan Kota Batu, selain menjadi satu-satunya kota yang seluruh desanya telah berstatus mandiri, di wilayah ini terdapat pula tiga desa yang masuk 10 besar desa dengan nilai tertinggi dalam penilaian IDM Kemendes PDTT.

Tiga desa itu adalah Desa Sidomulyo dan Oro-Oro Ombo di Kecamatan Batu serta Desa Punten di Kecamatan Bumiaji.

Dalam kesempatan yang sama, Dewanti menyampaikan ucapan terima kasih atas apresiasi dan penghargaan yang diberikan oleh Abdul Halim. Penghargaan itu, lanjut dia, menjadi penyemangat bagi pihaknya untuk lebih giat dalam membangun desa.

"Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Bapak Menteri. Tentunya capaian ini melengkapi capaian prestasi yang telah diraih oleh Kota Wisata Batu," kata Dewanti.

Baca juga: Mendes PDTT minta BUMDes bersinergi dengan swasta berikan manfaat desa
Baca juga: Mendes PDTT: Gernas BBI dorong UMKM berorientasi pasar

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022