Balikpapan (ANTARA) - Semua daerah (10 kabupaten/kota) di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) berpotensi terjadi hujan lebat hingga hujan petir yang dapat disertai angin kencang pada Selasa-Rabu (18-19/10), sehingga semua pihak harus waspada terhadap dampaknya.

"Peristiwa ini antara lain dapat menyebabkan banjir, sungai meluap, pohon tumbang, dan tanah longsor, sehingga kewaspadaan harus ditingkatkan," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Heni Herlina di Balikpapan, Senin.

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota masing-masing, agar dapat dilakukan antisipasi untuk meminimalisir dampaknya ke masyarakat.

Ia merinci per kecamatan dari daerah yang mengalami peristiwa tersebut, antara lain Kabupaten Kutai Kartanegara pada Selasa sekitar pukul 17.00 dan 20.00 Wita, hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Muara Muntai, Tabang, Kembang Janggut, Kenohan, dan Muara Wis.

Baca juga: Delapan daerah di Kaltim berpotensi hujan petir Minggu-Senin

Baca juga: Sejumlah wilayah di Kaltim berpotensi hujan lebat pada Sabtu dan Ahad


Sekitar pukul 23.00 Wita diprakirakan terjadi di Kecamatan Tenggarong, Muara Badak, Muara Muntai, Sebulu, Kembang Janggut, Kenohan, Kota Bangun, Loa Kulu, Marang Kayu, Muara Kaman, Muara Wis, dan Tenggarong Seberang.

"Sedangkan pada Rabu dini hari sekitar pukul 02.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Muara Badak dan Marang Kayu, sedangkan di kecamatan lainnya diprakirakan hujan ringan," katanya.

Kemudian di Kota Samarinda pada Selasa sekitar pukul 23.00 hingga Rabu dini hari, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Sungai Pinang, Samarinda Ilir, Samarinda Kota, Samarinda Ulu, Samarinda Utara, dan Kecamatan Sambutan, sedangkan kecamatan lainnya hujan ringan.

Di Kota Balikpapan, lanjutnya, pada Selasa sekitar pukul 11.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi pada dua kecamatan, yakni Kecamatan Balikpapan Barat dan Balikpapan Utara, sementara kecamatan lainnya hujan ringan.

"Kemudian Selatan sekitar pukul 23.00 wita, hujan petir diprakirakan merata pada semua kecamatan di Balikpapan. Sedangkan pada Rabu dini hari, hujan ringan diprakirakan terjadi pada hampir semua kecamatan, kecuali Kecamatan Balikpapan Kota," ujar Heni.*

Baca juga: Delapan daerah di Kaltim diprakirakan hujan petir Sabtu-Minggu

Baca juga: BMKG prakirakan sebagian Kaltim diguyur hujan dalam tiga hari ke depan

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022