Tokyo (ANTARA) - Dolar melayang di dekat tertinggi 32 tahun di atas 149 yen di sesi Asia pada Selasa pagi, bahkan ketika mengambil jeda dari reli terhadap mata uang utama lainnya, dengan para pedagang bersiap untuk kemungkinan intervensi lebih lanjut oleh Tokyo guna mendukung mata uangnya.

Aussie menguat setelah risalah dari pertemuan terakhir Bank Sentral Australia (RBA) menunjukkan keputusan untuk memperlambat laju kenaikan suku bunga menjadi seperempat poin alih-alih memberikan kenaikan setengah poin lagi "sangat seimbang."

Dolar Selandia Baru melonjak setelah laporan harga konsumen yang lebih panas dari perkiraan mendorong ekspektasi untuk pengetatan kebijakan lebih lanjut.

Baca juga: Inflasi kuartal III Selandia Baru lampaui ekspektasi, capai 7,2 persen

Mata uang AS dibeli 148,855 yen setelah didorong ke 149,10 di akhir sesi semalam untuk pertama kalinya sejak Agustus 1990. Itu menempatkan penghalang psikologis utama 150 dalam fokus.

Pada saat yang sama, indeks dolar AS - yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama, termasuk yen, euro dan sterling - merosot di dekat level terendah 1,5 minggu karena perubahan dramatis atas pajak kontroversial Inggris. pemotongan "anggaran mini" mendukung mata uang Eropa.

Pasangan dolar-yen telah menguat 3,0 persen sejak 5 Oktober, ketika secara berkelanjutan menembus di atas 145 setelah menghabiskan sekitar dua minggu melayang di dekat level itu, dikelilingi oleh kegelisahan pedagang menyusul intervensi pembelian yen pertama Bank Sentral Jepang (BoJ) sejak 1998 pada 22 September.

Menteri Keuangan Jepang Shunichi Suzuki mengakui setelah pertemuan Kelompok Tujuh (G7) baru-baru ini bahwa "tidak ada diskusi tentang langkah terkoordinasi apa yang dapat diambil" tentang volatilitas mata uang.

Menteri Keuangan AS Janet Yellen juga telah menjelaskan bahwa Washington tidak memiliki keinginan untuk tindakan bersama, dengan mengatakan bahwa kekuatan dolar secara keseluruhan adalah "hasil alami dari berbagai langkah pengetatan moneter di Amerika Serikat dan negara-negara lain."

Baca juga: Dolar merosot, kebijakan anggaran Inggris angkat sentimen pasar

Penutupan pada 150, risiko intervensi sepihak dari otoritas Jepang adalah kekhawatiran bagi pedagang mata uang, meskipun keberhasilannya mungkin terbatas, menurut Shinichiro Kadota, ahli strategi valas senior di Barclays di Tokyo

"Jika pasar terus bergerak lebih tinggi, terutama dengan beberapa volatilitas, risiko intervensi pasti meningkat," kata Kadota.

"Tapi pada akhirnya, itu benar-benar didorong oleh penguatan dolar secara luas dan ekspektasi kenaikan Fed. Selama itu ada, maka tekanan ke atas pada dolar-yen tetap ada."

Tanpa intervensi oleh Tokyo, Kadota mengatakan dolar seharusnya sudah berada di atas 150 yen berdasarkan perbedaan suku bunga dan faktor pasar lainnya.

Laporan inflasi konsumen AS yang panas minggu lalu meningkatkan taruhan untuk pengetatan kebijakan AS yang lebih agresif, dengan pasar saat ini memperkirakan kenaikan 75 basis poin pada November dan Desember.

Di tempat lain, sterling bergeser sedikit ke 1,1349 dolar setelah melonjak 1,6 persen pada Senin (17/10/2022) dan menyentuh 1,144 dolar untuk pertama kalinya sejak 5 Oktober.

Jeremy Hunt, yang diangkat menjadi menteri keuangan oleh Perdana Menteri Liz Truss pada Jumat (14/10/2022), membalikkan petak "anggaran mini" 45 miliar pound yang memicu gejolak pasar, mengirim pound jatuh ke rekor terendah dan memaksa bank sentral Inggris (BoE) untuk intervensi membendung kekalahan pasar obligasi.

Euro datar di 0,9838 dolar setelah sebelumnya menyentuh level tertinggi sejak 6 Oktober di 0,9853 dolar.

Dolar Australia naik 0,14 persen menjadi 0,630 dolar AS, didukung setelah risalah dari pertemuan RBA 4 Oktober menunjukkan keputusan mengejutkan untuk memperlambat laju pengetatan kebijakan "sangat seimbang." Deputi Gubernur Bank Sentral Michele Bullock mengatakan dalam pidatonya pada Selasa bahwa RBA dapat mengimbangi pengetatan oleh rekan-rekan global.

Kiwi Selandia Baru melonjak 0,57 persen menjadi 0,567 dolar AS setelah sebuah laporan menunjukkan inflasi konsumen terus melayang di dekat level tertinggi tiga dekade pada kuartal ketiga.

Baca juga: Australia akan terus naikkan suku bunga, imbangi rekan globalnya

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022