Bandung (ANTARA) - Pemerintah Kota Bandung berguru ke Inggris dalam cara mengelola stadion sepak bola guna mengoptimalkan penggunaan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Wali Kota Bandung Yana Mulyana menilai Inggris memiliki pengalaman yang sangat baik dalam mengelola sepak bola sebagai industri.

"Soal manajemen saja, jadi Inggris kan punya pengalaman sepak bola, nantinya ada transfer pengetahuan terkait pengelolaan sepak bola moderen," kata Yana saat menjamu Duta Besar Inggris Owen Jenkins untuk Indonesia di Bandung, Jawa Barat, Selasa.

Dia berharap Bandung diundang ke Inggris untuk mempelajari manajemen pengelolaan stadion demi memperkuat industri sepak bola di Bandung.

Baca juga: Seluruh stadion yang diaudit akan direnovasi sesuai standar FIFA

"Tapi tentunya itu tergantung pembicaraan lebih lanjut," kata Yana.

Sementara itu, Owen Jenkins mengapresiasi Pemerintah Kota Bandung setelah adanya pembicaraan produktif terkait kolaborasi.

Dia mengungkapkan negaranya memiliki berbagai stadion sepak bola  berkelas dunia dan negaranya bisa saja berbagi pengalaman soal manajemen sepak bola.

"Itu juga akan lebih bagus jika kita bisa berbagi pengalaman soal sepak bola, dan menjadikan stadion di Bandung berkelas dunia," kata Owen.

Pemkot Bandung juga berencana berkolaborasi dalam manajemen sektor transportasi publik dan pengelolaan sampah.

Baca juga: Momen penting audit stadion sepak bola

 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022