...sangat dianjurkan untuk dipakai pada malam hari
Jakarta (ANTARA) - Kulit wajah yang memancarkan sinar sehat alias glowing kini lebih diminati oleh para wanita baik di Indonesia maupun di berbagai belahan dunia, dibandingkan dengan kulit yang berwarna putih.

Kulit glowing bisa dimaknai sebagai kulit wajah yang cerah, memiliki tone warna yang merata, lembap, kenyal, elastis dengan pori-pori yang kecil cenderung halus.

Meski tren kecantikan kini telah bergeser mengunggulkan kulit yang lebih sehat alami, namun rasanya masih sulit mewujudkannya. Apalagi kulit sehat yang memiliki efek tampak bersinar saat kena pantulan cahaya.

Baca juga: Tiga langkah memilih "skincare" ala Jeon Somi

Salah satu penyebab kulit wajah tetap kusam meski sudah rajin pakai produk perawatan kulit, skincare, adalah melewatkan langkah eksfoliasi.

Kurang melakukan eksfoliasi bisa berakibat pada wajah kusam dan pori-pori yang besar.

Eksfoliasi merupakan proses pengangkatan sel-sel kulit mati pada permukaan kulit wajah yang bisa dilakukan secara fisik maupun kimiawi.

Menurut siaran pers brand skincare asal Swedia Oriflame, pada dasarnya, kulit beregenerasi dengan eksfoliasi secara alami setiap 28-30 hari. Akan tetapi, semakin bertambahnya usia, proses itu akan melambat sehingga waktu pengangkatan sel-sel kulit mati akan lebih lama.

Agar kulit mati penyebab kulit kusam dan memicu tumbuhnya jerawat tak menumpuk, maka diperlukan eksfoliasi tambahan.

ANTARA mencoba serum eksfoliator; Oriflame NovAge Proceuticals 6% AHA Peel Solution selama kurang lebih dua minggu.

Produk unggulan Oriflame tersebut diperuntukkan bagi mereka yang memiliki kekhawatiran terhadap dampak negatif dari paparan eksternal dan proses penuaan yang mengakibatkan berbagai permasalahan kulit.

Baca juga: Miliki kulit sehat dan cerah dengan vitamin C

NovAge Proceuticals 6% AHA Peel Solution mengklaim dapat membantu proses eksfoliasi sel kulit mati dan mempercepat proses regenerasi kulit, sehingga menjadikan kulit tampak lebih sehat, meminimalisir munculnya garis halus dan kerutan, serta bintik hitam – hasilnya kulit menjadi terasa halus dan nampak bercahaya.

Serum yang memiliki kandungan gabungan dari 3 persen glycolic acid dan 3 persen lactic acid dapat meningkatkan proses pengelupasan alami di kulit. Serum bekerja dengan mempercepat pelepasan stratum korneum (lapisan kulit luar) dan melonggarkan protein di antara sel-sel kulit mati, sehingga secara efektif menghilangkan sel-sel kulit mati yang kering di permukaan kulit dengan aman dan memungkinkan terbentuknya kulit baru yang segar.

Dengan penggunaan yang tepat, produk ini diklaim secara efektif mampu untuk menghadirkan kulit yang lebih halus, lebih cerah, dan tampak lebih sehat.

Kondisi awal kulit sebelum mencoba memiliki masalah kusam, berminyak di beberapa area sekaligus kering di beberapa area. Selain itu, kulit berjerawat di bagian kening, dagu dan dekat telinga kiri.
 
Ilustrasi tekstur produk Oriflame NovAge Proceuticals 6% AHA Peel Solution pada kulit. (ANTARA/Ida Nurcahyani)

Saat pertama kali mengaplikasikannya, terasa tekstur serum menyerupai air namun sedikit lengket. Watery namun masih agak kental. Warna serum bening dengan sedikit aroma acid tapi tidak terlalu mengganggu.

Baca juga: Membedakan "purging" dan "breakout" terhadap produk perawatan kulit

Formulanya terasa ringan dan mudah meresap ke dalam kulit meski ada sensasi sedikit menyengat saat pertama kali diaplikasikan ke wajah.

ANTARA mengaplikasikan serum di malam hari dengan memadukannya bersama rangkaian Novage True Perfection Set dari Oriflame yang mengunggulkan bahan alami seperti ekstrak alga Skandinavia yang mampu menjaga kesegaran kulit dan menyamarkan garis halus di wajah.
 
Rangkaian skincare set Novage True Perfection Set dari Oriflame. (ANTARA/Ida Nurcahyani)

Cara pemakaiannya sangat sederhana, pertama, bersihkan wajah dengan Novage Supreme cleansing gel yang memberikan sensasi bersih dan segar tapi tidak meninggalkan rasa keset di wajah.

Lalu aplikasikan serum eksfoliator Oriflame NovAge Proceuticals 6% AHA Peel Solution sebanyak dua tetes, disusul krim mata Novagae True Perfection Refreshing Eye Illuminator dan serum wajah Novagae True Miracle Perfecting Serum dan terakhir adalah pelembap Novage True Perfection.

Setelah pemakaian rutin dua kali dalam seminggu selama dua minggu berturut-turut, kulit terasa lembap dan bouncy. Tampilan kulit juga terlihat lebih segar dan terhidrasi.

Baca juga: Ahli sebut kulit organ penting yang sering dilupakan

Jerawat pada area kening, telinga, dan dagu menghilang pada satu kali pemakaian serum, namun jerawat di bagian dagu masih meninggalkan noda.

Setelah dua minggu pemakaian, tekstur kulit disamping hidung terasa jadi lebih halus dan kulit jadi lebih sehat.

Tak ada iritasi yang terjadi pada kulit setelah pemakaian serum. Serum eksfoliator ini sangat layak dicoba terutama bagi mereka yang sudah berusia mendekati 40 tahunan.

ANTARA merekomendasikan serum ini untuk pemakaian lebih lanjut. Meski demikian, mengingat serum mengandung bahan aktif seperti AHA yang terkenal dengan kesensitifannya terhadap sinar UV atau sinar matahari maka sebaiknya dipakai saat malam hari saja.

Secara kemasan, pemilihan botol dengan pipet kaca memudahkan penggunaan serum untuk diaplikasikan.

Patricia selaku Brand and Communication Director Oriflame Indonesia menyarankan penggunaan skincare apapun harus dilakukan dengan tepat.

"Untuk menikmati hasil maksimal, NovAge Proceuticals 6% AHA Peel Solution sangat dianjurkan untuk dipakai pada malam hari. Bila Anda belum terbiasa dengan produk AHA, secara perlahan tambahkan produk ini dalam regimen perawatan kulit. Anda dapat mulai mengaplikasikannya 2x dalam seminggu, dan bila kulit Anda sudah terbiasa, frekuensi pemakaian bisa Anda tingkatkan kembali," kata dia.

Jangan lupa senantiasa kenakan tabir surya bila beraktivitas di luar ruang supaya terhindar dari dampak negatif sinar UV, dan kulit tetap terlindungi dengan maksimal.

Baca juga: Mengenal "dark spot" di wajah dan tubuh serta penyebabnya

Baca juga: Inovasi produk kecantikan berdasarkan pengalaman multisensori

Baca juga: Lima rekomendasi "skincare" untuk pria

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022