Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan pemerintah mendorong masyarakat Indonesia di luar negeri atau diaspora Indonesia untuk berperan aktif membangun negeri.

"Pemerintah senantiasa mendorong untuk masyarakat Indonesia di luar negeri terus berkarya, berprestasi, serta menjaga kekompakan dan silaturahmi antara satu dengan yang lain sambil terus memberikan dukungan di Tanah Air, ini harapan pemerintah," tutur Wapres saat melakukan pertemuan dengan diaspora Indonesia di KBRI di Singapura, Selasa.

Berdasarkan siaran pers yang diterima di Jakarta, di Singapura diperkirakan terdapat sekitar 250.000 WNI atau hampir 5 persen dari jumlah penduduk Singapura.

Baca juga: Wapres berdialog dengan diaspora Indonesia di Singapura

Baca juga: Penampilan seni diaspora Indonesia pukau warga Qatar


Wapres menyampaikan, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendukung pembangunan di Tanah Air adalah dengan berbagi pengalaman yang telah dijalani dalam bidang kerja masing-masing kepada sesama diaspora lainnya.

"Pengalaman dan kiat-kiat sukses saudara-saudara sekalian itu menjadi semacam sumbangan ilmu pengetahuan, sumbangan pemikiran. Kalau bahasa agamanya jadi sedekah ilmu untuk para pelaku bisnis di Tanah Air," papar Wapres.

Dengan demikian, tambah Wapres, diaspora Indonesia dapat menjadi salah satu pemberi solusi terhadap tantangan yang dihadapi Indonesia, melalui pengalaman yang di dapatnya di luar negeri.

"Masyarakat diaspora itu bisa menjadi bagian dari solusi serta senantiasa membawa citra baik Indonesia dalam aktivitas bisnis nya," tutur Wapres.

Menutup sambutannya, Wapres berharap, agar seluruh WNI dimanapun berada dapat terus mengoptimalkan potensi-potensi yang dimiliki, baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam sehingga memberikan dampak yang baik untuk bangsa dan negara Indonesia.

"Saya mengistilahkan jangan ada lahan yang tidur, dan jangan ada tenaga yang nganggur, itu terus saya ingatkan," ucap Wapres.

Baca juga: KBRI Canberra dan diaspora bahas internasionalisasi bahasa Indonesia

Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura Suryo Pratomo menyampaikan sinergi antara jajaran kedutaan dengan diaspora Indonesia yang telah dilakukan, salah satunya dalam penanganan dampak pandemi COVID-19.

"Kita bersyukur dengan gotong-royong yang kita lakukan secara bersama-sama, kita bisa melewati situasi yang sulit itu," ujarnya.

Selain Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura, hadir dalam acara ini Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi, jajaran pejabat dan pegawai di lingkungan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura dan sekitar 80 orang perwakilan diaspora Indonesia di Singapura.

Sementara Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Guntur Iman Nefianto, Staf Khusus Wakil Presiden Masduki Baidlowi, Tim Ahli Wakil Presiden Farhat Brachma, dan Iggi Haruman Achsien.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022