Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar rapat koordinasi pada Selasa 18 Oktober 2022 sebagai persiapan penyelenggaraan Pemilihan Umum serentak 2024.
 
"Dalam rangka persiapan Pemilu serentak 2024, maka tadi saya melakukan rapat koordinasi dengan berbagai kementerian dan lembaga yang terkait dengan pemilihan umum," kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate di Jakarta, Selasa.
 
Rapat koordinasi tersebut dihadiri KPU, Bawaslu, DKPP, Kemendagri, Polri, BSSN, Kementerian PAN-RB, TNI, dan BIN.

Baca juga: Kemenkominfo rancang satgas ruang digital untuk Pemilu 2024

Baca juga: Menkominfo: Siapkan televisi digital jelang ASO
 
"Hadir dalam rangka mempersiapkan langkah-langkah pencegahan dan penanganan ruang digital dengan baik. Belajar dari beberapa pemilu sebelumnya, baik itu pilkada, pileg maupun pilpres, yang berpotensi terjadi gesekan-gesekan di antara masyarakat," ucap dia.
 
Menkominfo mengatakan ruang digital harus dijaga dengan baik agar bisa memberikan sumbangsih yang baik untuk proses demokratisasi yang lebih berkualitas di Indonesia.
 
"Saya tidak tahu bagaimana atau apa yang dilakukan di pemilu sebelumnya, tapi belajar dari pengalaman pilkada dan pemilu sebelum ini, maka rasanya perlu dilakukan koordinasi dalam rangka untuk melakukan kolaborasi dan koordinasi penanganan," tuturnya.
 
Kemudian, pemilu kata dia tentunya berkaitan dengan data, secara khusus pemilu berbasis dengan NIK. Data dari dukcapil diserahkan kepada KPU untuk menyusun daftar pemilih tetap (DPT) pemilu.
 
"Maka kami minta juga dan bersepakat bersama-sama sistem elektronik yang ada di dukcapil dan sistem elektronik yang ada di KPU secara khusus itu bisa dijaga dengan baik dari sisi keamanan siber," ujarnya.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022