Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur telah memasang box culvert pembangunan persimpangan (crossing) saluran air di Jalan Raden Inten, Duren Sawit.

Kepala Seksi Pembangunan dan Peningkatan Drainase Sudin SDA Jakarta Timur, Tengku Saugi Zikri, mengatakan pemasangan box culvert berukuran 150x150 sentimeter itu dilakukan pada Senin (17/10) hingga Selasa dini hari.

“Crossing saluran air di Jalan Raden Inten saat ini sudah terpasang delapan meter menggunakan box culvert," kata Tengku Saugi Zikri di Jakarta, Selasa.

Saugi menambahkan pemasangan tahap awal itu dilakukan di sisi utara, jika sudah selesai dilanjutkan di sisi selatan.

Saugi mengatakan pembuatan crossing di Jl Raden Inten itu sedianya dimulai pada 14 Oktober 2022, namun terkendala adanya pipa PAM yang melintang di bawah jalan.

Baca juga: Sudin SDA Jaktim bangun saluran air di Jalan Raden Inten

Alhasil, pemasangan box culvert baru bisa dilakukan pada Senin malam. Total panjang crossing di lokasi itu mencapai 62 meter yang terbagi dalam dua sisi, barat dan timur.

Crossing saluran air di Jalan Raden Inten itu nantinya akan dikoneksikan dengan saluran air di Jalan Raya Pendidikan, yang saat ini sedang dibangun ke saluran penghubung (Phb) Jalan Raden Inten. Selanjutnya, akan diteruskan ke Kali Buaran.

Sebelumnya, Suku Dinas SDA Jakarta Timur membangun saluran air untukmengatasi masalah banjir di Jalan Pendidikan Raya, Kecamatan Duren Sawit.

Baca juga: Pemkot Jaktim mulai pengerjaan saluran air di Duren Sawit

Pembangunan saluran air itu memiliki panjang total sekitar 600 meter (m).

Sedangkan untuk saluran air di Jalan Raden Inten itu memiliki panjang mencapai 12 meter dan menggunakan beton U Ditch ukuran 1,5 meter.

Nantinya crossing saluran air itu terhubung ke Kali Buaran untuk mengalirkan air yang menggenang di Jalan Pendidikan Raya saat hujan.

Pekerjaan saluran air tersebut dilakukan secara bertahap agar lalu lintas tetap bisa dilintasi kendaraan.

Baca juga: Jakarta Timur kuras saluran air untuk cegah banjir di Duren Sawit

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022