proses renovasi rumah itu telah berjalan selama satu bulan
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Timur (Pemkot Jaktim) membantu perbaiki rumah warga tak mampu  di RT 004 RW 06, Kelurahan Palmeriam, Kecamatan Matraman.

Lurah Palmeriam, Setiawan mengatakan rumah warga bernama Tabroni itu direnovasi melalui program bedah rumah bekerja sama dengan Baznas Bazis Jakarta Timur.

“Harapan saya, rumah tersebut bisa bermanfaat untuk keluarganya," kata Setiawan di Jakarta, Selasa.

Setiawan menambahkan proses renovasi rumah itu telah berjalan selama satu bulan. Sebelum renovasi, pihaknya telah mendapatkan laporan dari RT/RW setempat soal kondisi rumah warga tersebut.

Usai dilakukan survei oleh pihak kelurahan, diketahui  keadaan rumah tersebut memang sudah tidak layak huni.

Dari situ, kemudian dilakukan pengajuan ke Baznas Bazis Jakarta Timur untuk dilakukan renovasi melalui anggaran program bedah rumah.

"Saya juga mengharapkan kepada warga masyarakat untuk lebih meningkatkan donasi ZIS-nya (Zakat, Infaq, dan Sodaqoh) ke Baznas Bazis agar nantinya bisa lebih banyak lagi masyarakat yang terbantu,” ujar Setiawan.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Jakarta Timur (Pemkot Jaktim) sudah membedah sebanyak 187 rumah tidak layak huni milik warga kurang mampu sepanjang tahun 2022.

“Tahun ini ada 187 unit yang kita renovasi, tahun depan mudah-mudahan bisa naik lagi," kata Muhammad Anwar, Senin (3/10).

Anwar menargetkan jumlah rumah yang dibedah pada tahun 2023 meningkat menjadi 300 rumah.

Dia mengatakan, program itu digelar sebagai bentuk perhatian pemerintah kota terhadap warga yang membutuhkan hunian layak.
Baca juga: Baznas anggarkan Rp8,6 miliar untuk bedah rumah di Jakbar
Baca juga: Pemkot Jakbar salurkan sembako dan uang tunai kepada 872 anak yatim
Baca juga: Baznas dan pejabat DKI kolaborasi tulis mushaf 602 halaman

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022