Jakarta (ANTARA) - Ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melaju ke babak 16 besar turnamen Denmark Open 2022 setelah mengatasi hambatan pada hari pertama, Selasa.

Ganda putra Ahsan/Hendra berjumpa pasangan asal Taiwan Lee Jhe-Huei/Yang Po Hsuan. Pada perjumpaan perdana itu, pasangan berjuluk The Daddies menang dua gim langsung 21-16, 21-15.

"Tadi dari awal kami sudah menyiapkan permainan depannya. Harus pegang lapangan depan karena shuttlecock di sini agak tidak stabil jadi susah dikendalikan," tutur Hendra lewat informasi tertulis PP PBSI di Jakarta, Rabu.

Lewat permainan di zona depan, The Daddies mendapat kemudahan untuk memegang kendali dan strategi permainan. Untuk persiapan ke babak kedua, The Daddies ingin bermain dengan tempo lebih cepat dan membuka inisiatif serangan kepada lawan.

Baca juga: Drama berakhir, giliran ganda putra bidik juara di Eropa

"Evaluasi hari ini mungkin dari pergerakannya dipercepat, tadi kami merasa masih terlalu lambat. Dan yang pasti harus menyerang duluan," Hendra menjelaskan.

Turnamen Denmark Open biasanya dihelat di Odense Sports Park, tapi tahun ini ajang dengan kategori BWF Super 750 itu berpindah ke Jyske Bank Arena. Walau berpindah tempat tapi Ahsan/Hendra mengaku tidak ada perbedaan signifikan dari kondisi lapangannya.

"Kondisi lapangan kurang lebih sama dengan tahun lalu, tinggal dari diri sendiri harus lebih in dan lebih siap lagi," ucap Ahsan.

Sementara itu, pasangan peringkat enam Fajar/Rian juga memetik kemenangan di babak 32 besar. Mereka menang atas Ruben Jille/Ties Van Der Lecq asal Belanda dengan skor 21-6, 19-21, 21-8.

Kemenangan juga dipetik salah satu wakil tunggal putra, Jonatan Christie, yang tampil menundukkan wakil tuan rumah Hans-Kristian Solberg Vittinghus.

Baca juga: Jonatan dan Chico lalui "rubber game" di 32 besar Denmark Open

"Kunci kemenangan saya hari ini berusaha buat dia capek dulu dan membuat variasi tempo di permainannya," kata Jonatan soal kunci kemenangan tiga gim 21-8, 19-21, 21-18.

Meski mengalami kendala dengan kondisi shuttlecock yang cukup kencang, namun secara keseluruhan ia mampu mengatasi hambatan di lapangan.

Namun kesuksesan Jonatan, Thea Daddies, dan Fajar/Rian tak diikuti tiga wakil lainnya yaitu Chico Aura Dwi Wardoyo (tunggal putra), Gregoria Mariska Tunjung (tunggal putri), dan Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela (ganda campuran). Ketiganya harus tersingkir di babak pertama pada hari Selasa.

Baca juga: Timnas bulu tangkis bertolak ke Denmark berbekal persiapan matang

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022