Kupang (ANTARA) - Atambua, propinsi NTT, untuk pertama kalinya mengekspor 1.415 ekor ikan hias ke Timor Leste melalui Pos Lintas Batas Negara Terpadu (PLBNT) di Mota Ain kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur.

"Totalnya ada 1.415 ekor ikan hias dengan berat 136 kilogram dengan berbagai jenis ikan hias," kata Kepala Bea Cukai Atambua, I Made Aryana dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Kupang, Rabu pagi.

Dia menjelaskan bahwa ada kurang lebih 11 jenis ikan hias yang diekspor ke bekas negara yang pernah masuk dalam provinsi ke-27 di Indonesia itu.

Belasan jenis ikan hias itu antara lain, ikan Cupang, Zebra, Koi, Koki, Guppi, Green Tetra, Sumatra, Komet, Moli, Synodontis, dan Manfish.

“Manifest darat sudah dipenuhi, PEB sudah diserahkan dan sudah NPE, proses INSW sudah diterima, segala perizinan telah dipenuhi, semua sudah legal," ujar dia.

​​​​​Baca juga: Imigrasi hadirkan layanan PLB di pos batas tradisional RI-Timor Leste

Dia menambahkan ekspor perdana ikan hias ini adalah hasil kerjasama Tim Klinik Ekspor Bea Cukai Atambua dengan Badan Karantina Ikan dan Pengendali Mutu Keamanan Hasil Perikanan Kupang Wilayah Kerja Atambua.

Menurut Made , ekspor perdana ikan hias ini, sejalan dengan tugas dan fungsi Bea Cukai sebagai trade facilitator dan industrial assistance yang gencar memberikan asistensi, sosialisasi, dan pelayanan ekspor kepada para pelaku usaha khususnya UMKM di berbagai daerah.

Dia menjelaskan, Bea Cukai Atambua melalui Tim Klinik Ekspor mempunyai tugas utama untuk mendorong peningkatan minat dan jumlah eksportir melalui penyediaan media konsultasi, pelaksanaan sosialisasi, dan asistensi kegiatan kepabeanan khususnya bidang ekspor.

Dan lanjut Made, Bea Cukai selalu bersinergi dengan berbagai pihak terkait untuk mendorong dan mewujudkan kegiatan ekspor dari wilayah kerja Kantor Pelayanan Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) B Atambua.

Baca juga: Puluhan mahasiswa Unhan Atambua studi lapangan ke kapal Bea Cukai

"Hal ini dilakukan untuk mendorong peningkatan ekspor komoditas daerah yang pada akhirnya akan membantu mendukung peningkatan ekonomi nasional," ucapnya.

Lebih lanjut saat dikonfirmasi lebih lanjut kata dia, ekspor perdana ini nilainya baru mencapai 790,5 dolar AS. Namun Made mengatakan bahwa ekspor ini adalah ekspor perdana.

Nantinya untuk selanjutnya kata dia, dalam dua pekan akan ada dua kali pengiriman ikan hias ke Timor Leste.
 

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022