Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI memberi apresiasi berupa uang tunai dengan total Rp310.500.000 bagi para pemenang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-29 yang digelar di Kalimantan Selatan.

"Dengan penyelenggaraan yang baik dan tertib, kami harapkan MTQ Nasional ke-29 ini dapat menghasilkan kafilah yang berprestasi," ujar Ketua Baznas RI Noor Achmad di Jakarta, Rabu.

Noor mengatakan kontribusi Baznas pada penyelenggaraan ini sebagai upaya dukungan zakat untuk mencetak generasi Qurani yang unggul serta mendorong umat Islam untuk menjadikan Al Quran sebagai pegangan dan pedoman hidup.

Selain itu, perhelatan MTQ Nasional yang berakhir pada Selasa (18/10) ini juga merupakan kesempatan baik dalam meningkatkan edukasi serta literasi masyarakat terkait zakat.

"Sekali lagi kami ucapkan selamat kepada para pemenang MTQ Nasional ke-29, semoga diberikan keberkahan oleh Allah Swt," kata dia.

MTQ Nasional ke-29 diikuti sebanyak 1.676 peserta dari 34 Provinsi dan 135 Dewan Hakim. Kegiatan ini mementaskan delapan cabang musabaqah dengan 23 kategori.

Dari 23 kategori tersebut, Dewan Hakim MTQ Nasional telah menetapkan 138 pemenang dan menetapkan Jawa Timur sebagai juara umum MTQ Nasional ke-29.

Predikat juara umum ini didapatkan setelah Jatim berhasil menempati posisi peringkat pertama dengan total nilai 87. Di peringkat kedua yakni DKI Jakarta dengan nilai 66.

Kemudian di peringkat ketiga Kalimantan Selatan dengan nilai 62. Di peringkat 4 dan 5 ada Jawa Barat dan Sumatera Barat dengan masing-masing perolehan nilai yakni 43 dan 35.

Pelaksanaan MTQ Nasional ke-29 2022 ditutup oleh Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi. Zainut mengatakan pemerintah berkomitmen memberikan bimbingan dan fasilitasi bagi pengembangan MTQ dan berbagai perangkatnya agar lebih baik lagi di masa depan.

Menurutnya, gelaran MTQ adalah bagian dari upaya mengenalkan, mendekatkan, dan mendalami spirit Al Quran di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Jika kita lihat lebih jauh, seluruh proses yang dilibatkan dalam rangkaian MTQ dari tingkat kecamatan hingga nasional, bahkan internasional, sangat berkaitan erat dengan langkah kita dalam pembangunan nasional," kata Wamenag.


Baca juga: Baznas RI: Keberhasilan Jateng karena program empat penguatan
Baca juga: Jatim juara umum MTQN ke-29 di Kalsel

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022