Jakarta (ANTARA) - VP PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto menyebutkan mobil listrik Toyota BZ4X berpotensi dipasarkan di Indonesia setelah perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Indonesia berakhir.

Hal itu diungkapkannya mengingat Toyota BZ4X BEV (Battery Electric Vehicle) menjadi salah satu kendaraan ramah lingkungan dari Toyota yang digunakan sebagai kendaraan resmi untuk mobilisasi peserta KTT G20 di Bali pada 15-16 November 2022.

Baca juga: BMW dikabarkan pindahkan produksi MINI Electric dari Inggris ke China

"Tentu saja (mungkin). Ini model BEV pertama yang akan kita introduce di Indonesia cuma untuk detailnya kapan dan lainnya itu nanti kita sampaikan terpisah," kata Henry saat ditemui di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta,Rabu.

Toyota Astra Motor dalam perhelatan KTT G20 mengambil peran membantu Pemerintah Indonesia sebagai kolaborator menghadirkan kendaraan ramah lingkungan untuk membantu mobilisasi para peserta di ajang internasional itu.

Ada dua model mobil dari PT TAM yang menjadi kendaraan resmi para delegasi dari negara-negara anggota G20 yaitu Toyota BZ4X dan Lexus UX 300e.

Toyota BZ4X bisa dibilang perdana mengaspal di Indonesia khusus untuk KTT G20 di Bali dan menjadi ajang pengenalan terhadap masyarakat luas terkait teknologi BEV.

Baca juga: Sony, Honda akan hadirkan EV pertamanya di Amerika pada 2026

Secara global, Toyota BZ4X sebelumnya sudah diluncurkan pada pertengahan Mei 2022.

Kendaraan ini sudah dipasarkan di negara asalnya yaitu Jepang, lalu juga di Amerika Utara, Eropa dan China dengan harga mulai dari 6 juta Yen (Rp622 juta) hingga 6,5 juta Yen (Rp674 juta) pada perilisan awalnya.

Sebelumnya kendaraan ini juga pernah dipamerkan untuk pertama kalinya di kawasan Asia Tenggara dalam acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 pada Agustus 2022.

Kini kendaraan itu bersiap untuk mengaspal di jalanan Pulau Dewata pada November 2022 sebagai salah satu kendaraan resmi untuk perhelatan KTT G20 yang diketuai oleh Indonesia.

Henry menyebutkan nantinya usai mobil-mobil dari Toyota selesai dipergunakan di KTT G20 Indonesia, kendaraan itu akan tetap dimanfaatkan di Indonesia meski ia tak membicarakan detail peruntukkan kendaraan-kendaraan tersebut untuk apa.

Baca juga: Toyota serahkan BZ4X & Lexus UX 300e kepada Setneg untuk KTT G20

Baca juga: Penggunaan mobil listrik di KTT G20 langkah nyata transisi energi

Baca juga: Audi kembangkan filter udara untuk mobil listrik
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022