Natuna (ANTARA) - Badan SAR Nasional (Basarnas) memastikan Pos SAR Pulau Laut siap mendukung Latihan Gabungan (Latgab) SAR Indonesia dan Singapura (Indo-Pura) pada Desember mendatang di Kepulauan Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.

"Dipastikan siap. Kedatangan kami di Pos Unit Siaga SAR Pulau Laut untuk memastikan dan melihat rekan-rekan personel yang sedang menjalankan tugas di pulau perbatasan ini," kata Direktur Direktorat Kesiapsiagaan Kantor Basarnas Pusat Agus Haryono saat mengunjungi Pos Unit Siaga SAR Pulau Laut di Natuna, Rabu.

Oleh karena itu, ia juga meminta ada kerja sama TNI, Polri, dan pemerintah daerah setempat demi suksesnya latihan gabungan tersebut. “Berharap kerja sama dari TNI-Polri, pemerintah setempat, dan masyarakat dalam bidang SAR, karena Basarnas tidak akan mampu bekerja sendiri,” katanya.

Baca juga: Latgab SAR Malindo ke-41 gelar latihan di perbatasan RI-Malaysia

Ia juga mengharapkan dukungan dari seluruh masyarakat Kecamatan Pulau Laut agar kegiatan berjalan dengan lancar.

“Kami berharap dukungan dari masyarakat Kecamatan Pulau Laut khususnya. Sebelumnya kami juga ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kecamatan Pulau Laut, karena sudah berkenan memberikan pinjam bangunan sebagai Pos Unit Siaga SAR,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga memberikan bantuan berupa sembako bagi rescuer Pos Unit Siaga SAR Pulau Laut dan sembako bagi warga kurang mampu yang diterima langsung oleh Camat Pulau Laut.

Kedatangan Agus Haryono didampingi Kepala Kantor SAR Natuna Mexianus Bekabel beserta rombongan disambut baik warga setempat.

Baca juga: Bandara Ngurah Rai dan Basarnas latihan simulasi penyelamatan di air
Baca juga: Basarnas gelar latihan bersama Australia di Merauke 2023


Pewarta: Cherman
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022