Pohon-pohonnya kami kombinasikan saja
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta  bersinergi Pemerintah Pusat  menghijaukan kembali kawasan Monumen Nasional (Monas) dengan menanam sejumlah pohon.

"Pohon-pohonnya kami kombinasikan saja," kata Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Pendopo Balai Kota Jakarta, Kamis.

Penghijauan Monas tersebut rencananya masuk dalam revitalisasi termasuk penataan parkir di kawasan IRTI (Ikatan Restoran dan Taman Indonesia) Monas.

"Nanti IRTI ada perbaikan parkir. Kami sudah lihat desainnya," ucap Heru.

Saat ini, lanjut dia, revitalisasi kawasan Monas itu sedang dalam pembahasan bersama tim ahli.

Program revitalisasi kawasan Monas itu terungkap setelah Heru melakukan pertemuan dengan Menteri BUMN Erick Thohir di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (19/10).

Salah satu topik yang dibahas dalam pertemuan itu yakni desain revitalisasi kawasan Monas untuk dihijaukan kembali.

"Nanti sama Mensesneg, karena itu (kawasan Monas) milik Pemerintah Pusat," ujar Heru di Kementerian BUMN, Rabu (19/10).

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Pemerintah Pusat dan Pemprov DKI perlu meningkatkan sinergi termasuk program penghijauan di Monas.

"Bayangkan dari Sarinah sampai Monas, kami harus sinkronisasi. Monas akan kami, tentu bagian publik area sangat hijau, nanti Pak Heru yang akan desain, bersama Mensesneg dan bisa hijau kembali," ujar Erick.

Sebelumnya, sekitar 190 pohon di Monas ditebang untuk proyek revitalisasi yakni pembangunan Plaza Selatan Monas pada 2020.

Proyek tersebut menimbulkan pro dan kontra di sejumlah pihak karena ratusan pohon yang ditanam puluhan tahun itu ditebang.
Baca juga: Revitalisasi Monas, 191 pohon ditebang diindikasikan "dimanfaatkan"
Baca juga: Komisi Pengarah ambil sampel pohon Revitalisasi Monas
Baca juga: SKPD harusnya diperiksa terkait penebangan pohon Monas

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022