Jakarta (ANTARA) - Semakin banyak perusahaan swasta yang mendaftarkan pekerja rentan ke BPJAMSOSTEK agar mendapat jaminan sosial dari risiko kerja, seperti kecelakaan dan kematian dan pada Rabu (19/10), sebanyak 3.000 pekerja rentan di Kecamatan Penjaringan Jakarta jadi peserta jaminan sosial tenaga kerja.

Pekerja rentan tersebut di antaranya petugas kebersihan, satuan pengamanan (satpam), petani, marbot masjid, petugas rumah ibadah, nelayan dan profesi lainnya.

BPJAMSOSTEK (BPJS Ketenagakerjaan), dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis, menerima pendaftaran 3.000 pekerja kebersihan dan satpam di Kecamatan Penjaringan Jakarta melalui program Bukan Penerima Upah (BPU) yang diinisiasi brand lokal produk kacamata Saturdays.

Penandatanganan confirmation letter kerja sama antara BPJAMSOSTEK Jakarta Pluit dengan PT. Artha Persada Kreatif selaku pemilik brand Saturdays dilakukan di Jakarta, Rabu (19/10), dengan disaksikan Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah DKI Jakarta Eko Nurgiyanto, perwakilan dari Kecamatan Penjaringan dan perwakilan lima kelurahan di bawahnya.

Pekerja rentan yang dimaksud adalah petugas kebersihan dan petugas keamanan yang turut hadir menerima kartu secara simbolis sebagai tanda bukti kepesertaan.

“Setiap pekerjaan memiliki risiko kecelakaan kerja, dan dengan iuran Rp16.800 per bulan para pekerja rentan ini sudah dipastikan jadi peserta program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm).

Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Jakarta Pluit Husaini menyatakan pekerja rentan tersebut diharapkan tetap bekerja dengan mengutamakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan jika terjadi kecelakaan maka pengobatannya ditanggung hingga sembuh.

"Saya juga mengapresiasi PT. Artha Persada Kreatif (Saturdays) yang peduli pada keamanan dan perlindungan pekerja rentan melalui program jamsostek," ujar Husaini.

Rama Supatra, Direktur PT. Artha Persada Kreatif, memuji kerja sama itu. “Dapat dikatakan dulunya saya juga seorang pekerja rentan. Mengingat akan risiko pekerjaan dan pentingnya manfaat program ini, saya senang bisa berkontribusi. Semoga kerja sama ini dapat berlangsung untuk jangka waktu yang panjang ke depannya."

Pada kesempatan itu Saturdays juga memberikan manfaat lain kepada seluruh peserta yang hadir berupa pemeriksaan kesehatan mata secara gratis dan potongan harga sebesar 20 persen untuk setiap transaksi, voucher dan lainnya.*

Baca juga: Sudah 2.919 petani yang diinisiasi UPL jadi peserta BPJAMSOSTEK
Baca juga: BPJAMSOSTEK beri santunan Rp244,8 juta petugas penanggulangan bencana

Pewarta: Erafzon Saptiyulda AS
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022