Jakarta (ANTARA) - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) akan menyelesaikan penyaluran Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada 263.546 pekerja pada pekan ini yang dilakukan lewat bank-bank tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

Ditemui usai acara Penghargaan LKS Bipartit 2022 di Jakarta, Kamis, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah mengatakan bahwa rencana awal penyaluran BSU 2022 kepada pekerja yang tidak memiliki rekening bank Himbara akan dilakukan lewat Pos Indonesia dilakukan pada pekan ini.

"Tapi ternyata, masih ada yang bisa disalurkan di Himbara pekan ini. Ternyata, dari data itu kita minta kembalikan ke BPJS Ketenagakerjaan ternyata ada yang bisa membuka rekening baru. Jadi, pekan ini kita salurkan kepada 263.546 orang," kata Ida.

Baca juga: Menaker: Penyaluran BSU lewat Pos Indonesia mulai pekan depan

Ia mengatakan Kemnaker akan tetap mengejar penyaluran subsidi upah yang dapat dilakukan kepada para calon penerima yang memiliki rekening di bank-bank Himbara untuk mempermudah penyaluran.

Sejauh ini penyaluran BSU telah mencapai 71,64 persen dari target pemerintah sebesar 14,6 juta orang yang menerima. Masing-masing pekerja yang memenuhi syarat menerima subsidi Rp600 ribu yang dilakukan dalam satu kali penyaluran.

Terkait calon penerima yang tidak memiliki rekening bank Himbara, akan disalurkan lewat Pos Indonesia.

"Ini dalam proses untuk melakukan penyaluran melalui PT Pos, berarti pekan depan. Insya Allah akhir Oktober sudah selesai," kata Ida.

Ida berpesan kepada pekerja yang merasa memenuhi syarat sebagai penerima BSU 2022, untuk memeriksa status penerima. Hal itu dapat dilakukan di laman Siap Kerja di situs milik Kemnaker.

Baca juga: Lebih dari 8,4 juta pekerja sudah terima bantuan subsidi upah

Baca juga: Pengamat: Bantuan subsidi upah bantu pertahankan daya beli pekerja

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022