Jakarta (ANTARA) - Perusahaan teknologi Amazon Web Services, Inc. (AWS) dan Deloitte Access Economics dalam riset terbaru mereka menunjukkan bahwa organisasi bisnis di Indonesia yang mampu memanfaatkan kekuatan data, dapat meningkatkan pendapatan bisnis tahunan mereka sebesar rata-rata 13,8 persen.

Baca juga: Peneliti: Revolusi industri dorong terwujudnya pelayanan kesehatan 5.0

Laporan bertajuk "Demystifying Data 2022" itu menunjukkan, bagi organisasi berskala besar, angka ini setara dengan penambahan pendapatan tahunan sebanyak Rp650 miliar.

"Untuk dapat secara efektif mengubah data menjadi keuntungan bisnis, organisasi harus memiliki peta jalan yang jelas dan praktis sebagai panduan dalam meningkatkan kematangan data, berinvestasi untuk menarik dan mempertahankan talenta, serta memanfaatkan teknologi yang tepat untuk menuai manfaat penuh," kata Direktur Artificial Intelligence & Data Deloitte di Asia Tenggara Rio Ricardo dalam temu media secara daring, Kamis.

Adapun dalam survei tersebut, diukur kematangan data organisasi responden, yaitu, sejauh mana sebuah organisasi menggunakan data yang mereka hasilkan.

Pengukuran menggunakan skala lima angka dalam tingkatan dasar dan pemula (basic and beginner), Menengah (Intermediate), hingga tingkat lanjut dan penguasaan (advanced dan mastery).

Baca juga: Peneliti: AI kuatkan terciptanya Puskesmas cerdas di masa depan

Lebih dari separuh (57 persen) organisasi yang disurvei di Indonesia berkisah bahwa menangkap dan menganalisis data secara efektif dapat menghasilkan peningkatan penjualan dan pendapatan, peningkatan produktivitas (56 persen), dan memungkinkan inovasi (54 persen).

Namun, laporan tersebut menemukan bahwa meskipun kian banyak hal yang dapat dilakukan dengan kekuatan data di dunia yang semakin digital ini, ternyata 88 persen organisasi di Indonesia masih dalam tahap kematangan data Dasar dan Pemula.

Meski jelas terdapat manfaat dari upaya peningkatan kematangan data, banyak organisasi di Indonesia yang masih menghadapi berbagai tantangan dalam melakukan hal ini. Hambatan utama yang paling banyak dicetuskan organisasi dalam survei tersebut adalah dalam penggunaan data dan alat-alat serta teknologi analitik (46 persen), diikuti oleh kurangnya pendanaan (30 persen).

Baca juga: Delegasi DEWG G20 coba robot Alexa

Kenyataan ini diperburuk dengan adanya pandemi COVID-19, di mana 52 persen dari pelaku bisnis mengakui bahwa sejak terjadinya pandemi, prioritas utama mereka adalah bagaimana caranya bertahan, dan ini berujung pada berkurangnya sumber daya yang tersedia untuk data dan analitik.

Selain itu, 44 persen dari organisasi-organisasi ini menyebutkan keamanan dan risiko data sebagai hambatan lain, yang dapat menimbulkan biaya dalam jumlah cukup besar.

Ricardo mengatakan, berinvestasi untuk solusi cloud akan membantu bisnis mempercepat tingkat kematangan data mereka dan memperoleh wawasan berbasis data.

"Faktanya, bisnis yang sudah menggunakan cloud memiliki peluang 60 persen lebih besar untuk mengalami peningkatan produktivitas sebagai manfaat penggunaan data dan analitik, dibandingkan dengan bisnis yang belum mengadopsi cloud," ujarnya.


Baca juga: Biginsight dukung pelaku bisnis jajaki transformasi digital lewat AI

Baca juga: Sejumlah hal yang harus dihindari sebelum terapkan AI pada bisnis

Baca juga: STMIK Indonesia kupas pemanfaatan Augmented Reality di era Society 5.0

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022