Kami mendorong anak muda di Indonesia berani menunjukkan kepemimpinan.
Solo (ANTARA) - Forum dialog Y20 Indonesia mengajak para pemuda untuk berani menunjukkan jiwa kepemimpinan dengan menyampaikan gagasan-gagasan yang dimilikinya.

"Kami mendorong anak muda di Indonesia berani menunjukkan kepemimpinan, berani jadi pemimpin di daerahnya masing-masing dan juga punya gagasan yang ingin diwujudkan," kata Ketua Bersama Y20 Indonesia 2022 Michael Victor Sianipar, di Solo, Jawa Tengah, Kamis.

Terkait hal itu, pada tanggal 28 Oktober 2022, pihaknya akan menyelenggarakan kegiatan kepemudaan yang menjadi event utama Pasca-KTT Y20 Indonesia 2022 yakni Gaung Muda Indonesia akan dilaksanakan di Kota Solo.

"Saat ini kami ingin menjangkau seluruh provinsi, Jateng kan termasuk provinsi yang besar. Kami melihat Solo adalah kebudayaan Jawa juga, di mana banyak sekali cita rasa Nusantara di sini," katanya lagi.

Apalagi, dikatakannya pula, Solo jadi tempat yang menarik karena kepala daerahnya tokoh pemuda.

"Ini sangat cocok dengan konteks Y20 Indonesia," katanya lagi.

Pada kegiatan tersebut nantinya sejumlah perwakilan pemuda dari berbagai daerah di Indonesia akan menyampaikan gagasan-gagasannya dan yang akan mendengarkan gagasan-gagasan tersebut, yakni tokoh pemuda yang berhasil menjadi kepala daerah, di antaranya Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Bogor Bima Arya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Jadi tokoh-tokoh pemuda ini akan mendengarkan masukan dari pemuda seluruh Indonesia. Dari sanalah kami berharap momen Sumpah Pemuda ini, membayangkan Indonesia masa depan. Kami berharap acara Y20 di Solo ini jadi momen bersejarah di mana pemuda-pemuda memikirkan kembali," katanya pula.

Ia mengatakan dengan Indonesia berhasil menjadi tuan rumah event internasional G20, artinya generasi muda Indonesia harus memiliki kepercayaan diri untuk menjadi pemimpin dunia.

"Jadi kami menanamkan ke pemuda Indonesia, jangan hanya puas jadi pemimpin di daerahnya saja. Itu awal yang baik, tapi juga berpikirlah untuk jadi pemimpin nasional dan global karena ini sudah dilakukan oleh Pak Jokowi, Indonesia berhasil melaksanakan Presidensi G20," katanya pula.
Baca juga: Y20 2022 diharap jadi momen pemuda bersatu berkontribusi untuk dunia
Baca juga: Y20 bakal gelar Gaung Muda Indonesia di Surakarta pada Sumpah Pemuda

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022