Jakarta (ANTARA) - Kepala Sub Divisi Informasi dan Komunikasi Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (Jakarta Islamic Center/JIC) Paimun Karim mengungkapkan, sejak awal kubah Masjid Raya JIC dirancang menggunakan sistem rangka ruang (space frame) dan tanpa penopang cor beton.

"Bapak (arsitek JIC) merancang tidak memakai cor tembok beton. Dibuat 'space frame' untuk menopang bentangan (kubah) 66 meter," kata Paimun kepada wartawan di halaman komplek JIC, Koja, Jakarta Utara, Kamis.

Arsitek JIC membentuk rangka kubah dari limas segi empat dan segi lima yang disusun berputar sampai mencapai tinggi tertentu. Lalu ditutup di atas dengan bangun ruang setengah lingkaran.

"Sehingga (rangka) bisa menahan (bentuk kubah) dari atas ke bawah," kata Paimun.

Sedangkan,l material kubahnya selain triplek yang dikasih lapisan membran pelapis anti bocor aspal dan glasswool, adalah bukan besi melainkan lapisan tembaga.

Baca juga: Dinas Gulkarmat DKI lakukan pendinginan di JIC
Baca juga: Kubah Masjid Raya JIC ambruk saat kebakaran

Secara konsep, lapisan tembaga sudah diramalkan oleh arsitek akan berubah warna seiring usia yang bertambah. Dari warna coklat kemerahan, menjadi hijau karena proses oksidasi.

"Tahun 2005-2006 kami sempat menyampaikan kubah JIC kok berwarna hitam? Tapi belakangan menjadi hijau kelihatan, jadi ramalan beliau (arsitek JIC Ahmad Nu'man) soal berubah warna menjadi hijau sudah kelihatan sebenarnya," kata Paimun.

Selanjutnya, lampu kipas Betawi sebanyak 12 unit dipasang pada atap yang masing-masing unit memiliki berat satu ton dan ditopang dengan baja untuk menguatkan.

Menurut Paimun, fungsi penopang baja tersebut awalnya untuk menguatkan. Tapi karena terbakar, penopangnya justru meleleh oleh panas dan lampu kipas Betawi yang berat tadi membebani atap.

"Sehingga tarikan kipas itu ke bawah penopangnya itu," kata Paimun.
 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022