Singapura (ANTARA) - Sterling melemah di awal perdagangan Asia pada Jumat pagi, karena investor mencerna berita bahwa Perdana Menteri Inggris Liz Truss telah berhenti setelah hanya enam minggu menjabat, sementara yen Jepang mendekam di dekat level terendah baru 32 tahun.

Pound sterling merosot 0,21 persen menjadi 1,1215 dolar di awal perdagangan Asia, setelah reli singkat ke tertinggi 1,1338 dolar di sesi sebelumnya setelah Truss mengumumkan pengunduran dirinya.

"Saya pikir itu adalah reaksi spontan terhadap setidaknya pelonggaran sementara ketidakpastian politik Inggris ... Saya pikir pasar untuk saat ini cukup senang dengan berita itu," kata Carol Kong, ahli strategi mata uang di Commonwealth bank of Australia (CBA) .

"Tetapi berita yang kami dengar hanya menghilangkan beberapa, tetapi tidak semua ketidakpastian politik dalam ekonomi Inggris, dan kami masih akan mendengar lebih banyak tentang kebijakan fiskal pada akhir bulan ini."

Truss dijatuhkan oleh program ekonomi yang mengirimkan gelombang kejutan melalui pasar dan menghancurkan reputasi negara untuk stabilitas keuangan.

Partai Konservatif, yang memegang mayoritas besar di parlemen dan tidak perlu mengadakan pemilihan nasional selama dua tahun lagi, sekarang akan memilih pemimpin baru pada 28 Oktober - perdana menteri kelima Inggris dalam enam tahun.

Euro turun 0,15 persen menjadi 0,97725 dolar, setelah mengikuti pergerakan sterling ke level tertinggi semalam di 0,98455 dolar.

Sementara itu, yen terakhir dibeli 150,20 per dolar, setelah mencapai level terendah baru 32 tahun di 150,29 semalam. Yen telah kehilangan hampir 1,0 persen minggu ini, dan berada di jalur untuk kerugian mingguan ke-10 berturut-turut.

Mata uang yang babak belur pertama kali melemah melewati level simbolis 150 pada Kamis (20/10/2022) sore di Tokyo, tetapi menguat tajam dari level terendah sementara di 150,09 per dolar menjadi 149,63 dalam satu menit.

Ancaman baru dari intervensi yang dibuat oleh pembuat kebijakan Jepang telah membuat investor tetap waspada, meskipun belum ada berita tentang tindakan lebih lanjut sejak intervensi penjualan dolar, pembelian yen oleh Kementerian Keuangan bulan lalu.

"(Mereka) tidak bisa lagi hanya mengandalkan intervensi bagian individu untuk menjaga agar yen tidak terdepresiasi. Anda dapat mengangkat kontrol kurva imbal hasil, atau tindakan bersama," kata Alicia Garcia Herrero, kepala ekonom untuk Asia Pasifik di Natixis.

Data pada Jumat menunjukkan bahwa tingkat inflasi konsumen inti Jepang dipercepat ke tertinggi baru delapan tahun 3,0 persen pada September, menguji tekad bank sentral Jepang (BoJ) untuk mempertahankan suku bunga ultra-rendah.

Di tempat lain, greenback naik terhadap sekeranjang mata uang didukung lonjakan imbal hasil obligasi pemerintah, dengan indeks dolar AS naik 0,03 persen menjadi 112,97.

Imbal hasil obligasi pemerintah AS memperpanjang kenaikannya semalam, dengan imbal hasil obligasi dua tahun mencapai tertinggi 15-tahun di 4,623 persen, sementara imbal hasil obligasi pemerintah 10-tahun mencapai puncaknya di 4,243 persen, level tertinggi sejak Juni 2008.

Pejabat Fed tidak menunjukkan tanda-tanda mundur dari retorika hawkish mereka, dengan Presiden Federal Reserve Bank of Philadelphia Patrick Harker mengatakan semalam bahwa bank sentral belum selesai menaikkan target suku bunga jangka pendek di tengah tingkat inflasi yang sangat tinggi.

Aussie yang sensitif terhadap risiko turun 0,18 persen menjadi 0,6272 dolar AS, tetapi berada di jalur untuk kenaikan mingguan pertama setelah penurunan beruntun selama lima minggu terakhir.

Kiwi diperdagangkan 0,22 persen lebih rendah pada 0,56625 dolar AS, tetapi juga berada di jalur untuk kenaikan mingguan pertamanya, menghentikan kerugian sembilan minggu berturut-turut.

"Saya pikir itu mencerminkan sentimen risiko yang lebih baik di pasar - kami telah melihat pendapatan perusahaan yang cukup kuat," kata Kong dari CBA.

"Tapi sekali lagi, di lingkungan pasar saat ini, prospek ekonomi global masih memburuk."


Baca juga: Dolar AS tembus 150 yen, sterling melemah setelah PM Ingris mundur
Baca juga: Dolar terus menguat di Asia, yen mendekati level kunci 150
Baca juga: Dolar menguat bersama imbal hasil obligasi pemerintah, sterling jatuh

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022