Mexico City (ANTARA) - Pemulangan sukarela para migran Venezuela di Meksiko dengan pesawat kembali ke tanah air mereka kemungkinan akan dimulai dalam beberapa hari ke depan, kata empat orang yang mengetahui rencana tersebut, Kamis (20/10).

Meksiko sedang bergulat dengan peningkatan tajam jumlah warga Venezuela, baik yang tiba di perbatasan di wilayah selatan maupun ribuan yang diusir dari Amerika Serikat pascakesepakatan pekan lalu, yang bertujuan membatasi arus  pendatang.

Di bawah rencana bilateral yang diumumkan pada 12 Oktober, Washington mengatakan akan memberikan akses kemanusiaan kepada hingga 24.000 warga Venezuela ke Amerika Serikat melalui udara.

Rencana itu juga memungkinkan pejabat AS mengusir ke Meksiko mereka yang tertangkap saat mencoba menyeberang secara ilegal melalui darat.

Pemulangan sukarela ke Venezuela melalui udara itu harus dimulai minggu ini, menurut dua pejabat Meksiko yang mengetahui masalah tersebut.

Tidak jelas berapa banyak orang yang akan dipulangkan pada penerbangan pertama, atau berapa banyak perjalanan yang direncanakan.

Seorang pejabat mengatakan mungkin ada beberapa penerbangan.

Kementerian luar negeri Meksiko dan Institut Migrasi Nasional (INM) pemerintah belum menanggapi permintaan komentar.

Kedutaan Besar Venezuela di Meksiko juga belum dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

Pemerintahan Biden berada di bawah tekanan untuk mengekang imigrasi ilegal setelah jumlah orang yang menyeberang  perbatasan mencapai angka tertinggi tahun ini.

Para warga Venezuela yang mencari masa depan lebih baik dengan bepergian jauh dari tanah air mereka, yang terpukul secara ekonomi, telah meningkatkan kecenderungan aksi tersebut. 

Pemerintah Meksiko mengatakan pada 12 Oktober bahwa warga Venezuela yang memasuki wilayahnya mulai hari itu dan seterusnya tidak akan diizinkan untuk mengajukan permohonan dari Meksiko untuk mendapatkan akses ke Amerika Serikat melalui udara.

Warga Venezuela yang telah memasuki Meksiko secara ilegal dan ingin tinggal di negara itu harus meminta suaka, menurut seorang pejabat Meksiko yang mengetahui pengaturan tersebut.

Namun jika mengambil langkah itu, mereka tidak dapat mengajukan permohonan suaka kepada AS, tambah pejabat itu.

Dengan pengaturan seperti itu, bisa berarti pemulangan sukarela ke Venezuela lebih menarik bagi sebagian orang daripada tinggal di Meksiko, kata pejabat itu.

Selama empat tahun terakhir, pemerintah Venezuela telah menyediakan penerbangan khusus untuk warganya di luar negeri yang tidak memiliki sarana untuk membayar ongkos.

Saat ini, pemerintah negara itu juga menawarkan penerbangan komersial murah untuk pulang dari Meksiko dengan menggunakan maskapai penerbangan milik negara, Conviasa, menurut seseorang yang mengetahui skema tersebut.

Sumber: Reuters

Baca juga: Berusaha seberangi sungai Meksiko-AS, bocah migran Venezuela tewas

Baca juga: AS akan ulangi program Trump paksa pencari suaka tunggu di Meksiko


 

Hampir 100 migran ditinggalkan di dalam trailer di Meksiko selatan

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2022