Singapura (ANTARA) - Saham-saham Asia mengikuti Wall Street lebih rendah pada awal perdagangan Jumat, sementara imbal hasil obligasi pemerintah AS mencapai level tertinggi 14-tahun karena prospek kenaikan suku bunga agresif dari Federal Reserve dan risiko resesi memperburuk sentimen investor.

Indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang tergelincir 0,55 persen, tetapi di atas level terendah dua setengah tahun yang disentuh pada Kamis (20/10/2022). Indeks acuan saham Australia S&P/ASX 200 kehilangan 0,74 persen, sementara Nikkei Jepang dibuka 0,38 persen lebih rendah.

Pasar saham China dibuka 0,1 persen lebih tinggi pada Jumat. Xi Jinping, yang akan meraih masa jabatan lima tahun ketiga sebagai pemimpin China, akan mengungkapkan anggota Komite Tetap Politbiro elitnya pada akhir kongres dua kali satu dekade pada Minggu (23/10/2022).

"Semuanya sangat lemah ... masalahnya adalah lingkungan makro masih tetap sulit," kata Shane Oliver, kepala ekonom di AMP Capital, menambahkan bahwa pasar berada dalam tarik ulur antara investor yang melihat peluang dan mereka yang fokus pada lingkungan yang sulit.

Juga membebani pasar adalah pernyataan dari Presiden Federal Reserve Philadelphia Patrick Harker yang menyatakan bahwa bank sentral akan "terus menaikkan suku bunga untuk sementara waktu."

Data ekonomi AS pada Kamis (20/10/2022) menunjukkan ketatnya tenaga kerja yang terus-menerus juga menambah kecemasan investor. Imbal hasil acuan obligasi pemerintah AS 10-tahun mencapai 4,234 persen, level tertinggi sejak Juni 2008.

"Ini benar-benar pertunjukan obligasi AS yang mendorong pasar yang luas dan sementara likuiditas menjadi sebuah masalah, pembicaraan adalah tidak ada pembeli," kata Chris Weston, kepala penelitian di Pepperstone.

Pasar global telah sangat fluktuatif baru-baru ini karena investor khawatir bahwa ekonomi utama akan didorong ke dalam resesi sebelum inflasi dijinakkan, sementara dolar yang kuat karena pengetatan Fed secara agresif akan mendatangkan malapetaka di pasar negara berkembang.

Di pasar mata uang, sterling merosot lebih rendah karena investor mencerna berita bahwa Perdana Menteri Inggris Liz Truss telah berhenti setelah hanya enam minggu menjabat. Pound terakhir diperdagangkan pada 1,1205 dolar, turun 0,25 persen hari ini.

Pengunduran diri Truss tidak mengejutkan siapa pun dan disambut dengan sedikit reaksi pasar mengingat pengabaian besar-besaran kebijakannya oleh menteri keuangan, kata Tapas Strickland, kepala ekonomi pasar di National Australia Bank.

Yen Jepang melayang di dekat level terendah baru 32 tahun, dan terakhir diperdagangkan di 150,20 per dolar. Mata uang pertama melemah melewati level simbolis 150 pada Kamis (20/10/2022) sore di Tokyo.

Ancaman baru dari intervensi yang dibuat oleh pembuat kebijakan Jepang telah membuat investor tetap waspada, meskipun belum ada berita tentang tindakan lebih lanjut sejak intervensi penjualan dolar, pembelian yen oleh Kementerian Keuangan bulan lalu.

Dengan tingkat inflasi konsumen inti Jepang meningkat ke level tertinggi baru delapan tahun sebesar 3,0 persen pada September, data tersebut menggarisbawahi dilema yang dihadapi bank sentral Jepang ketika mencoba untuk menopang ekonomi yang lemah dengan mempertahankan suku bunga yang sangat rendah, yang pada gilirannya memicu penurunan yen yang tidak diinginkan.


Baca juga: Saham Asia jatuh karena selera risiko pudar, khawatir suku bunga naik
Baca juga: Saham Asia jatuh, pasar kehilangan selera risiko & yield obligasi naik
Baca juga: Saham Asia jatuh terseret ekuitas China, inflasi Inggris jadi fokus

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022