Berdasarkan data pada Kamis (20/10) malam, tanah ambles baru 60 centimeter dan sekarang sudah mencapai 120 centimeter,
Wonosobo, Jateng (ANTARA) - Tanah bergerak di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, mengakibatkan jalan kabupaten yang menghubungkan Kecamatan Kaliwiro-Wadaslintang ambles sekitar 120 centimeter dengan panjang 60 meter.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonosobo Bambang Triyono di Wonosobo, Jumat, menyampaikan bahwa tanah bergerak tersebut diduga hingga kini masing berlangsung.

"Berdasarkan data pada Kamis (20/10) malam, tanah ambles baru 60 centimeter dan sekarang sudah mencapai 120 centimeter," katanya.

Ia menjelaskan akibat tanah ambles di Desa Medono, Kecamatan Kaliwiro tersebut jalan tidak dapat dilalui kendaraan roda empat.

Jalan ambles tersebut, kata dia, terjadi pada Kamis siang setelah hujan lebat dalam waktu lama mengguyur wilayah tersebut.

Ia mengimbau seluruh masyarakat yang melewati jalur tersebut untuk berhati-hati dan khusus kendaran roda empat dilarang melewati jalur tersebut.

"Sementara ini, tanah bergerak tersebut tidak berpengaruh terhadap bangunan di sekitarnya, tetapi kami mengimbau masyarakat tetap waspada," demikian Bambang Triyono.

Baca juga: 22 keluarga mengungsi akibat tanah bergerak di Wonosobo

Baca juga: Belasan rumah dibongkar akibat tanah bergerak di Banjarnegara

Baca juga: BPBD Cilacap siapkan tenda pengungsian warga terdampak tanah bergerak

Baca juga: Bencana tanah bergerak di Lebak akibatkan jalan antardesa terputus

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022