Mari pertahankan BaliMakãrya
Badung (ANTARA) - Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan Kemendikbudristek RI Hilmar Farid memastikan pemerintah terus mendukung penyelenggaraan BaliMakãrya Film Festival Internasional (BFFI) demi memperkuat ekosistem perfilman di Indonesia dan mewujudkan Bali sebagai hub film di Asia Tenggara.

Di Malam Penganugerahan Piala Penjor, yang merupakan acara puncak BaliMakãrya Film Festival, Hilmar menyampaikan pihaknya menanti penyelenggaraan BaliMakãrya Film Festival Ke-3 di Bali pada 2023.

“Kami berharap BaliMakãrya Film Festival Ke-3 terus digelar tahun depan. Kementerian akan mendukung kegiatan tersebut,” kata Dirjen Kebudayaan RI saat memberi sambutan pada Malam Malam Penganugerahan Piala Penjor BaliMakãrya Film Festival di Seminyak, Badung, Bali, Jumat.

Dalam kesempatan yang sama, Hilmar menyambut baik BaliMakãrya telah fokus menjadi wadah bagi film-film dan sineas di Asia Tenggara.

“Mari pertahankan BaliMakãrya tetap seperti itu,” kata dia.

Dalam kesempatan itu, ia juga memuji film-film yang dipentaskan di BaliMakãrya.

“Ada 25 film, itu petanda yang bagus,” kata Hilmar.

BaliMakãrya Film Festival menampilkan 25 film dari dalam negeri dan luar negeri di beberapa bioskop di Badung, Bali, pada 16–20 Oktober 2022. Selepas lima hari penayangan, BaliMakãrya pun memberi anugerah untuk sembilan kategori pada acara puncaknya, Jumat (21/10).

Direktur Program BaliMakãrya Film Festival Internasional 2022 John Badalu menyampaikan sembilan kategori yang mendapat Piala Penjor, yaitu Film Dokumenter Terbaik Asia Tenggara, Indonesian Film Showcase Competition untuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, Pemeran Utama Wanita Terbaik.

Piala Penjor BaliMakãrya juga diberikan kepada Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, dan Pemeran Utama Wanita Terbaik untuk Southeast Asian Competition.

Baca juga: BaliMakarya Film Festival 2022 akan jangkau masyarakat Asia Tenggara

Baca juga: Sundance: Festival film independen rayakan gagasan dan originalitas

Halaman Selanjutnya: N
ominasi penerima Piala Penjor BaliMakãrya Film Festival 2022
 

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022