Jakarta (ANTARA) - Salah satu pendiri platform e-sport MABAR.com Aziz Hasibuan mengatakan minat siswa mengikuti permainan gim kompetitif cukup tinggi.

"Platform MABAR.com saat ini memiliki lebih dari 20.000 pengguna yang berasal dari 1.632 sekolah di 21 provinsi. Ini menunjukkan minat siswa mengikuti permainan kompetitif cukup tinggi, " kata Azis dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat.

Sebelumnya, MABAR.com dan DBL Indonesia, yang merupakan penyelenggara DBL Play MABAR High School Tournament mengumumkan dukungan dari Itemku, platform marketplace produk digital terbesar di Indonesia.

"Dukungan dari Itemku kepada turnamen kami dan pemberian diamond bagi peserta akan membuat turnamen menjadi semakin seru,” ungkap Aziz.

Baca juga: "Game streamer", tren baru meraup pundi rupiah bagi pencinta gim

Baca juga: Kompetisi menulis e-novel gim Mobile Legends bidik 5.000 karya


Dukungan Itemku disebut Aziz juga menjadi sinyal positif terhadap pengembangan ekosistem e-sport alias gim kompetitif bagi pelajar. Berdasarkan riset yang dilakukan MABAR.com bersama Tim Laboratorium Cognition, Affect, and Well-Being (CAW Lab) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ditemukan hasil bahwa bermain gim kompetitif dapat membantu pelajar mengembangkan aspek psikologis dan kognitif pelajar.

Riset tersebut menyimpulkan, bahwa pelajar yang bermain e-sport lebih unggul dibandingkan pelajar yang bermain gim secara kasual, maupun pelajar yang tidak bermain gim sama sekali.

Keunggulan itu terwujud dalam beberapa aspek. Pertama, aspek kontrol respons yang membuat orang lebih fokus. Kedua, akurasi yang jauh lebih tinggi. Ketiga, kemampuan regulasi emosi yang lebih baik. Dan, keempat adalah kepribadian yang tidak impulsif dan tidak rentan stres.

“Platform dan turnamen kami didesain bukan hanya untuk menang kalah, namun untuk membantu pelajar bisa mengembangkan karakter lebih baik. Sekolah juga memiliki peran sangat penting untuk mengarahkan minat bermain gim pelajar, misalnya dengan memfasilitasi dan menjadikan sekolah sebagai Esports Development Center,” lanjut Aziz.

DBL Play MABAR High School Tournament adalah kompetisi e-sport khusus pelajar tingkat SMA yang digelar secara daring maupun luring pada 19 kota di 16 provinsi dengan memainkan gim Mobile Legends Bang-Bang (MLBB). Format kompetisi dilakukan dengan mempertemukan tim-tim dari berbagai sekolah yang berada di dalam regional yang sama untuk menemukan juara provinsi. Kemudian, juara pada 16 provinsi akan bertanding untuk memperebutkan gelar juara nasional.

“Sebagai platform marketplace produk-produk digital terbesar dan terlengkap, Itemku akan menyediakan hadiah berupa diamond MLBB pada tiap pertandingan. Dengan adanya dukungan ini, harapannya para tim pelajar semakin bersemangat bertanding, dan DBL Play MABAR High School Tournament dapat menjadi turnamen pelajar berjenjang terbesar di Indonesia,” kata CEO dan Founder Itemku Denis Kim.*

Baca juga: Setelah gim, Telkomsel incar pertumbuhan pelanggan sektor e-commerce

Pewarta: Indriani
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022