Sidoarjo (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, menyiagakan personel gabungan yang bertugas untuk menangani kemungkinan terjadinya bencana hidrometeorologi di kabupaten setempat saat musim hujan.
 
Wakil Bupati Sidoarjo Subandi di Sidoarjo, Jumat, mengatakan para petugas yang disiagakan itu di antaranya Polri, TNI, Satpol PP, Dishub, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, BPBD, Basarnas, Damkar, relawan, dan pemangku kepentingan lainnya.

Baca juga: Pemkab Sidoarjo siapkan layanan 112 untuk siaga kebencanaan
 
"Sejumlah personel gabungan disiagakan jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam di wilayah Sidoarjo," ujarnya di sela apel gelar pasukan kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam di Mapolresta Sidoarjo, Jumat.
 
Ia mengatakan sinergi antarpemangku kepentingan sangat dibutuhkan saat terjadinya bencana hidrometeorologi.
 
"Tidak hanya kesiapsiagaan para personel yang terlibat dalam penanganan. Jajaran Forkopimda Sidoarjo juga melihat langsung dan mengecek kesiapan peralatan dan kendaraan bermotor siaga bencana alam, agar semua siap saat menghadapi bencana," katanya.

Baca juga: Sidoarjo waspadai bencana hidrometeorologi tahunan
 
Usai melakukan apel, Forkopimda Sidoarjo mengecek kesiapan dapur umum, personel gabungan, peralatan tanggap bencana dan kendaraan bermotor yang siap digunakan untuk penanganan bencana alam.
 
Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro menjelaskan pihaknya dan jajaran bersama TNI maupun pemangku kepentingan terkait siap melakukan berbagai upaya pengurangan risiko terjadinya bencana.

Baca juga: BMKG ingatkan masyarakat potensi bencana hidrometeorologi di Jatim
 
"Harapannya, proses penanganan maupun evakuasinya berjalan dengan baik. Untuk personel baik dari pihak TNI maupun Polri sampai tingkat desa siap dalam penanggulangan dan penanganan bencana alam," ujarnya.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022