Persiapan untuk melistriki semua lokasi penyelenggaraan (venue) saat ini berfokus pada mobilisasi peralatan seperti mobile genset, trafo dan material ke Sirkuit Mandalika. Beberapa utilitas pendukung seperti uninterruptible power supply dan genset te
Mataram (ANTARA) - PT PLN (Persero) Nusa Tenggara Barat menyiapkan sistem suplai listrik berlapis untuk layanan kelistrikan yang andal demi suksesnya penyelenggaraan World Super Bike (WSBK) di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada 11-13 November 2022.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB Sudjarwo, di Mataram, Sabtu, menjelaskan persiapan dilakukan menyeluruh untuk memastikan keandalan sistem, mulai dari sisi pembangkitan, transmisi 150 kilo Volt (kV) hingga jaringan distribusi 20 kV.

"Persiapan untuk melistriki semua lokasi penyelenggaraan (venue) saat ini berfokus pada mobilisasi peralatan seperti mobile genset, trafo dan material ke Sirkuit Mandalika. Beberapa utilitas pendukung seperti uninterruptible power supply dan genset telah disiapkan," katanya.

Ia mengatakan setelah seluruh peralatan berada di lokasi, PLN akan melaksanakan cek final dan juga simulasi untuk semua tempat. Ini tentunya untuk memastikan sistem yang terpasang, baik proteksi maupun instalasi aman dan siap untuk melistriki WSBK.

Untuk kebutuhan listrik selama WSBK, PLN juga telah berkoordinasi dengan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) selaku penyelenggara event.

Beberapa titik yang akan disuplai oleh PLN antara lain paddock, main pit building, race control, medical control, observation deck, TV compound, VIP village dan bright store.

Menurut Sudjarwo, dimungkinkan jumlah titik suplai listrik juga akan bertambah menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, dalam hal ini PT ITDC , dan PLN siap untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

"Secara garis besar, kebutuhan listriknya masih sama dengan sebelumnya. Suplai listrik untuk sirkuit Mandalika saat ini sebesar 5,19 MVA dan akan disuplai dari tiga jalur utama listrik yang berfungsi untuk menjaga keandalan sistem," ujarnya.

Tak hanya sirkuit, kata dia, pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan pada instalasi listrik yang menyuplai public services. Hal ini tentunya karena lokasi di kawasan Kuta Mandalika akan banyak dikunjungi berbagai wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Pada gelaran WSBK 2022, PLN kembali menyiapkan 384 petugas yang akan siaga di 16 titik lokasi. Selain itu, sebanyak 13 unit trafo mobile, 15 unit mobile genset, dan 17 unit uninterruptible power supply juga akan disiagakan.

Sudjarwo menambahkan untuk kesiapan di sisi pembangkitan, kondisi sistem kelistrikan Lombok saat ini memiliki daya mampu sebesar 323 MW dengan beban puncak 280 MW. Masih terdapat cadangan daya sebesar 43 MW yang dapat dioptimalkan.

"Kami terus mengharapkan doa dan dukungan dari seluruh masyarakat agar PLN dapat memberikan layanan yang terbaik, khususnya pada gelaran yang akan mengharumkan nama NTB di mata dunia," katanya.

Baca juga: Bamsoet ajak warga Indonesia saksikan kehebatan WSBK Mandalika
Baca juga: Pembenahan lintasan Sirkuit Mandalika rampung pekan depan
Baca juga: PLN NTB inisiasi hutan sebagai sumber substitusi bahan bakar PLTU

 

Pewarta: Awaludin
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022