Pangkalpinang (ANTARA) - Satgas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan 14.977 dari 17.621 ekor sapi di Kepulauan Babel telah divaksinasi PMK, guna menekan kasus penularan dan penyebaran virus PMK.

"Alhamdulillah, capaian vaksinasi PMK di Babel cukup tinggi dan akan terus dioptimalkan untuk meningkatkan ketahanan tubuh ternak dari virus ini," kata Sekretaris Satgas Penanganan PMK Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Ahad.

Berdasarkan data Posko Terpadu Penanganan PMK Provinsi Kepulauan Babel, pada Ahad, sebanyak 14.977 ternak sapi telah disuntik vaksin dosis ke-1 dan ke-2 tersebar di Kabupaten Bangka Tengah 4.564, Bangka 2.990, Belitung Timur 2.000, Belitung 1.196, Bangka Barat 1.768, Bangka Selatan 1.756 dan Pangkalpinang 703 ekor sapi.

"Kami bersama dinas peternakan dan instansi terkait lainnya di kabupaten/kota terus melakukan kegiatan sosialisasi untuk meningkatkan pemahaman peternak tentang pentingnya vaksinasi PMK ternaknya," ujarnya.

Baca juga: Tingkatkan kekebalan, 5.720 ekor sapi di Babel divaksin PMK dosis II

Baca juga: Satgas: 3.638 ekor sapi di Babel sembuh dari PMK


Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Babel Judnaidy mengatakan dalam percepatan vaksinasi ternak sapi dan kambing peternak, Pemerintah Pusat telah mengalokasikan 32.800 dosis vaksin PMK kepada Pemprov Kepulauan Bangka Belitung guna meningkatkan capaian pemberian vaksin ke-1 dan ke-2 ternak masyarakat di daerah ini.

"Kami optimis dengan adanya alokasi baru vaksin PMK ini, dapat melampaui target vaksinasi ternak di Babel yang ditetapkan pemerintah sebanyak 14.000 ekor ternak," ujarnya.

Menurut dia, dalam upaya percepatan vaksinasi ini, satgas juga turun ke lapangan untuk memberikan informasi dan edukasi pemahaman kepada para peternak.

"Saat ini masih banyak petani yang tidak mau ternak sapinya divaksinasi sehingga menjadi salah satu kendala dalam melakukan percepatan vaksinasi PMK ini," katanya.*

Baca juga: 2.108 sapi di Babel sembuh dari PMK

Baca juga: Cegah PMK, Babel hentikan sementara pasokan ternak dari Jatim dan Aceh

Pewarta: Aprionis
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022