Jakarta (ANTARA) - Indiana Pacers, Miami Heat, Cleveland Cavaliers, dan Dallas Mavericks secara bergantian memetik kemenangan perdana mereka musim ini dalam rangkaian lanjutan pekan pembuka NBA pada Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Pacers akhirnya membukukan kemenangan musim ini setelah menundukkan Detroit Pistons 124-115 di Gainbridge Fieldhouse, Indianapolis, yang juga menyudahi catatan buruk 12 kekalahan beruntun sejak musim lalu, demikian laporan situs resmi NBA.

Debutan yang direkrut sebagai pilihan keenam Draft lalu, Bennedict Mathurin, jadi bintang kemenangan Pacers lewat raihan 27 poin termasuk tripoin penting yang jadi penopang kebangkitan tuan rumah di kuarter ketiga.

Heat meraih kemenangan itu dalam gim kandang ketiga mereka dengan skor 112-109 atas Toronto Raptors di FTX Arena, Florida, setelah melalui pertarungan keras yang sempat diwarnai cekcok.

Cekcok terjadi pada paruh awal kuarter ketiga ketika center debutan Raptors Christian Koloko dan forward Heat Caleb Martin berebut bola rebound, memancing rekan-rekan mereka berusaha melerai, dan berakhir dengan kedua pemain itu diusir dari lapangan oleh wasit.

Heat nyaris membuang sia-sia keunggulan 24 poin sebelum mampu menutup pertandingan dengan kemenangan disokong 24 poin yang dibukukan Jimmy Butler.

Cavaliers juga mengantongi kemenangan pertama lewat kemenangan telak 128-96 atas Chicago Bulls saat melawat ke United Center, Illinois.

Donovan Mitchell memborong 32 poin dalam kemenangan bagi tim barunya itu, sekaligus membuatnya jadi pemain pertama yang selalu mencetak 30 poin atau lebih dalam dua penampilan perdana bersama Cavaliers.

Bagi Bulls, Zach LaVine akhirnya bisa mengawali musim dan meraih 23 poin, tapi turunnya performa DeMar DeRozan yang "hanya" mencetak 13 poin setelah rata-rata 34,5 poin di dua gim sebelumnya cukup menghilangkan daya pukul tuan rumah.

Baca juga: Pelatih Jazz sanjung aksi krusial Mike Conley saat atasi Timberwolves

Di American Airlines Center, Texas, Mavericks juga mencatatkan kemenangan perdana musim ini dengan cara gemilang yakni melumat Memphis Grizzlies 137-96.

Luka Doncic terus mendominasi panggung dengan meraup 32 poin untuk kemenangan Mavericks, yang 21 di antaranya ia cetak pada kuarter pertama.


Nirmenang

Keberhasilan Pacers, Heat, Cavaliers, dan Mavericks tidak bisa diikuti lima tim lain yang harus rela melanjutkan catatan nirmenang di pekan pembuka musim NBA 2022-23.

Philadelphia 76ers takluk 105-114 dari tamunya San Antonio Spurs di Wells Fargo Center, yang jadi kekalahan ketiga beruntun musim ini, meskipun bintang tuan rumah Joel Embiid mampu memborong 40 poin.

Orlando Magic yang menjalani gim kandang perdana juga masih gagal meraih kemenangan setelah dipecundangi Boston Celtics 120-126 setelah Jayson Tatum memimpin tim tamu lewat 40 poin di Amway Center. Magic nirmenang tiga gim awal musim, sebaliknya Celtics sapu bersih kemenangan tiga pertandingan.

Houston Rockets juga menderita kekalahan ketiga beruntun saat takluk 105-125 saat melawat ke markas Milwaukee Bucks di Fiserv Forum, di mana Giannis Antetokounmpo meraup 44 poin setelah 28 menit melantai.

Baca juga: Jalen Brunson nikmati debutnya bersama Knicks di Madison Square Garden

Oklahoma City Thunder yang baru memainkan pertandingan kedua musim ini juga masih belum menemui kemenangan setelah kalah 117-122 melawan Denver Nuggets dalam lawatan ke Ball Center, di mana bintang tuan rumah Jamal Murray menandai gim pertama dalam 18 bulan dan Nikola Jokic mengemas triganda ke-78 kariernya.

Sacramento Kings jadi tim berikutnya yang gagal memperoleh kemenangan perdana, setelah Paul George mengemas 40 poin untuk memimpin Los Angeles Clippers menang 111-109 di Golden 1 Center.

Berikut hasil gim-gim lanjutan NBA yang berlangsung Sabtu waktu setempat (tuan rumah disebut pertama):

Philadelphia 76ers 105 - San Antonio Spurs 114
Indiana Pacers 124 - Detroit Pistons 115
Orlando Magic 120 - Boston Celtics 126
Chicago Bulls 96 - Cleveland Cavaliers 128
Miami Heat 112 - Toronto Raptors 109
Milwaukee Bucks 125 - Houston Rockets 105
Dallas Mavericks 137 - Memphis Grizzlies 96
Denver Nuggets 122 - Oklahoma City Thunder 117
Sacramento Kings 109 - Los Angeles Clippers 111

Baca juga: Gregg Popovich evaluasi pertahanan perorangan Spurs yang masih buruk
Baca juga: Jonas Valanciunas hujan pujian seusai Pelicans terkam Hornets
Baca juga: Ringkasan hasil NBA: Timberwolves dan Suns takluk lewat overtime

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022