Jakarta (ANTARA) - Atlet balap sepeda gunung (MTB) Zaenal Fanani dan Ihza Muhammad menambah pundi-pundi medali Indonesia dalam gelaran Asian Continental Championships (ACC) 2022.

Tampil di nomor Cross Country Eliminator (XCE) Elite Putra di Suncheon, Korea Selatan, Minggu, Fanani dan Ihza masing-masing membawa pulang perak dan perunggu.

Perlombaan berlangsung sebanyak dua lap dengan jarak 9 km. Berdasarkan hasil lomba yang diterima ANTARA, Fanani dan Ihza berada di belakang wakil Thailand Phunsiri Sirimongkhon yang pulang dengan emas.

Khusus untuk Fanani, ini merupakan medali kedua setelah sebelumnya mendulang perunggu di nomor Cross Country Olympic (XCO) Elite Putra.

Dengan hasil ini pula, Indonesia secara keseluruhan mengantongi tiga perak dan dua perunggu dalam ajang balap sepeda gunung bergengsi di Benua Kuning tersebut.

Sebelumnya, dua perak melalui atlet muda Merah Putih Feri Yudoyono yang turun di XCO Junior Putra dan Sayu Bella Sukma Dewi di nomor XCO Under 23 Putri pada Jumat (21/10).

Untuk Sayu Bella, hari ini juga turun di nomor XCE Elite Putri. Sayang, dia hanya menempati peringkat keempat. Selain itu ada juga Dela Anjar Wulan yang gagal finis.

Adapun untuk XCE Elite Putri, Wakil Kazakhstan Alina Sarkulova dan Violetta Kazakova masing-masing membawa pulang emas dan perak. Medali perunggu menjadi milik Warinthorn Phetraphan asal Thailand.

Pelatih Timnas Balap Sepeda Indonesia Dadang Haries Poernomo mengapresiasi perjuangan atlet Indonesia.

Prestasi kali ini, kata Dadang, sekaligus menjawab tantangan bahwa atlet MTB juga bisa menorehkan prestasi membanggakan.

"Sebelumnya prestasi balap sepeda hanya untuk disiplin tertentu saja. Sekarang hampir semua disiplin sudah bisa menunjukkan peningkatan prestasi yang luar biasa," kata Dadang kepada ANTARA.

Baca juga: Indonesia kantongi dua perak dan satu perunggu dari ACC 2022

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022